Malang Post

You are here: Batu Agropolitan Pengambilan E-KTP di Kecamatan

Pengambilan E-KTP di Kecamatan

Share
BATU – Sebanyak  124.585 lembar electronik KTP atau E-KTP dari 127.480 warga yang sudah mengurus, Senin kemarin mulai dibagikan kepada warga Kota Batu. Distribusi kepada masing-masing pemegang, langsung ditangani pihak kantor kecamatan.
‘’Untuk Kecamatan Batu dan Junrejo, warga sudah bisa mengambil E-KTP sejak hari ini (kemarin). Sedangkan Bumiaji, masih ada kerusakan alat baca hologram, sehingga belum bisa terdistribusikan kepada warga per hari ini (kemarin),’’ tegas Tatik Retno Herawati, Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu, kemarin.
Mantan Kepala Dinas Pertanahan Kota Batu, ini menambahkan sebanyak 500 KTP yang sempat nyasar ke Lowokwaru Kota Malang, juga sudah diambil. Ratusan KTP tersebut ternyata milik warga Kecamatan Junrejo, yakni Kelurahan Dadaprejo, Desa Torongrejo dan Junrejo.
Menurutnya, warga kota ini yang wajib memiliki E-KTP sebanyak 153.850 orang. Sedangkan Pemerintah Pusat hanya menyediakan anggaran pembuatan sebanyak 127.840 orang. ‘’Untuk anggaran sisa, kami masih menunggu instruksi pusat lagi. Anggaran itu bisa berasal dari APBN atau APBD,’’ jelas Tatik.
Warga, kata dia, tidak boleh dipungut biaya dalam pembuatan E-KTP berdasarkan Perda No 5 tahun 2009 tentang Kependudukan dan Catatan Sipil. Kecuali ada KTP yang rusak, perbaikan data ada retribusi sebesar Rp 5 ribu.
Sementara Camat Batu, Hari Santoso membenarkan pihaknya sudah menerima pelimpahan E-KTP dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Pihaknya juga siap mendistribusikan kepada warganya. Teknis pengambilan, warga bisa datang ke kantor kecamatan mulai pukul 09.00 hingga 13.00.
Persyaratan yang harus dibawa, surat undangan foto, dan foto kopi KTP lama serta foto kopi Kartu Keluarga. Surat undangan itu digunakan untuk melihat nomor urut, agar memudahkan petugas mengambilnya.
‘’Sewaktu foto dulu, setiap warga mendapatkan surat undangan dan di situ ada nomor urutnya. Nomor itu yang akan memudahkan kami mengambil KTP,’’ tegas Hari Santoso.
Menurutnya, jumlah warga Kecamatan Batu sebanyak 83.293 orang dan warga yang  wajib memiliki E-KTP sebanyak 71.643. Dari jumlah tersebut, yang sudah melaksanakan foto sebanyak 61.624 orang. ‘’Hingga sekarang (kemarin) sudah ada 70 warga mengambil E-KTP,’’ tegas mantan Kepala Bagian Organisasi Pemkot Batu ini. (feb/lyo)
comments

This content has been locked. You can no longer post any comment.