Malang Post

Askes Terancam Dilaksanakan

Share
BATU – Asuransi Kesehatan (Askes) yang sudah diprogramkan Pemkot Batu, terancam batal dilaksanakan tahun depan. Masalahnya, ada aturan Askes tidak boleh digunakan oleh masyarakat umum. Menurut Kadis Kesehatan kota ini dr Endang Triningsih, aturan tersebut hanya membolehkan pemberian jaminan kesehatan  masyarakat (Jamkesmas) kepada yang kurang mampu.
’’Kalau asuransi, kita harus membayar terlebih dahulu. Sedangkan jaminan kesehatan, kita membayar ketika ada warga miskin yang terkena sakit. Jadi asuransi itu yang tidak diperbolehkan,’’ ujar Endang Triningsih.
Meski begitu pihaknya terus mengkaji, apakah asuransi kepada masyarakat tersebut tetap diperbolehkan atau tidak. Pihaknya juga masih menunggu kebijakan pemerintah pusat, bahwa seluruh masyarakat harus mempunyai jaminan kesehatan dalam tahun 2014 nanti. Apakah jaminan itu bisa dilakukan dengan bentuk asuransi, hal itulah yang sedang dikaji lebih mendalam.
’’Masyarakat miskin, yang menanggung negara. Tetapi kalau mereka masyarakat sejahtera atau kaya, sebaiknya membayar untuk perawatan kesehatan atau pengobatan,’’ tegasnya.
Mantan Kabid Kesehatan Dinkes Kota Batu, ini menambahkan masyarakat menganggap kesehatan tersebut mahal. Padahal kesehatan itu tidak mahal, selama mereka bisa menjaga kebiasaan hidup sehat setiap harinya. Premi jaminan kesehatan, nanti dikeluarkan oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).  Namun berapa premi yang dikeluarkan BPJS untuk masing-masing orang, juga masih belum ada nominalnya.
Pembicaraan tingkat Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial dan Kementerian Keuangan, juga masih terus dilakukan untuk menentukan besaran jaminan. Setelah pembicaraan tuntas, besaran nominal jaminan kesehatan akan diketahui.
Karena itu mulai dari tahun 2013 nanti, Dinas Kesehatan mengkampanyekan program hidup bersih dan sehat. Anggaran kampanye itu, merupakan bagian anggaran Dinkes dimiliki untuk jaminan kesehatan tersebut. (feb/lyo)
comments

This content has been locked. You can no longer post any comment.