Malang Post

Wisata Petik Apel Bumiaji Kian Diminati

Share
KEMANA wisata Minggu hari ini ? Wisata petik apel di Desa/Kecamatan Bumiaji  masih menjadi tujuan favorit di Kota Batu. Di musim penghujan seperti sekarang inipun, tak menghalangi pengunjung petik buah menyisiri kebun apel milik warga.
Endik S, salah satu pengelola wisata petik apel di kawasan Kecamatan Bumiaji mengatakan, belasan bus masih berdatangan untuk mengikuti wisata petik apel di lahan warga. Bahkan akhir Januari lalu, dalam sehari dia mendapatkan kunjungan wisatawan sebanyak tujuh bus.“Petik apel di tempat kami, harga paketnya cuma Rp 15 ribu perorang dan makan sepuasnya, dan meski hujan tetap ramai kok,” ungkapnya.
Kebanyakan wisatawan yang petik apel, merupakan rombongan yang menginap di kota ini. Akhir pekan lalu, dia pun menerima rombongan dari Kalimantan serta Semarang. Mereka menyiasati cuaca, dengan datang pada pagi hari.“Wisatawan datang pagi hari sekitar pukul 08.00, kemudian mereka masuk kebun untuk memetik apel selama satu jam,” imbuhnya.
Bisnis jenis wisata desa ini, makin laku dijual karena menjadi ciri khas Kota Batu. Kata Endik, selain memetik apel dan makan di lokasi, wisatawan juga membawa pulang untuk oleh-oleh. Biasanya dia memberi harga sekitar Rp 12.500/kg bagi konsumen.“Kalau di pasaran harganya bisa tembus sampai Rp 15 ribu per kilogram,” tegasnya.
Biasanya ketika ada permintaan petik apel, pihaknya diminta datang ke hotel para peserta wisata petik apel ini. Di hotel itulah,  dia memberikan penjelasan singkat mengenai cara memetik apel yang benar, serta menunjukan ciri-ciri buah yang sudah tua. Setelah itu, dia bersama crew menjadi guade di arena kebun apel.“ Karena ini bisnis jasa, maka tak jarang kami juga memberikan tips bagi petugas tour travel termasuk oleh-oleh satu kresek berisi buah apel,” tandasnya.
Desa Bumiaji yang merupakan cikal bakal tanaman buah apel di kota ini, memang masih banyak perkebunan buah tersebut yang notabene milik warga. Bila buah yang tak kenal musim ini habis di desa itu, wisatawan bisa dialikan ke kebun-kebun apel Desa Bulukerti yang lokasinya bertetangga.
Selain petik apel. Desa Bumiaji juga ada jenis wisata desa lainnya. Yakni, petik sayuran salat air di sawah yang juga dikelola warga setempat. Jenis wisata ini tak kalah mengasyikan, lantaran wisatawan harus rela berbasa-basa dengan air sawah untuk bisa memetik sayuran jenis itu. (ary/lyo)
comments

This content has been locked. You can no longer post any comment.