Malang Post

Banner
You are here: Batu Agropolitan Sosialisasi Tahapan Pileg

Sosialisasi Tahapan Pileg

Share
BATU-KPU dan Panwaslu Kota Batu, segera menggelar rapat koordinasi (Rakor) persiapan Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. Hal itu dilakukan terkait penyelenggaraan pileg terutama mengenai kampanye dan sosialisasi parpol, di kota ini. KPU menjadwalkan Rakor digelar dalam minggu ini bersama Panwas.
Komisioner KPU Kota Batu, Supriyanto mengatakan bahwa Rakor itu untuk persiapan awal. Sekaligus juga akan membahas materi sosialisasi, yang akan diberikan kepada parpol peserta pileg 2014. Terkait kampanye, pihaknya juga bakal membahas lokasi penempatan alat peraga pemilu 2014.
“Lokasi alat peraga, akan kita atur agar tetap bagus dan tidak mengurangi estetika kota,” ungkap Supri sapaan akrabnya.
Dalam Pileg kali ini, KPU juga akan menggunakan pendekatan berbeda ketika sosialisasi ke parpol. Pertama, sosialisasi dilakukan secara bersamaan dengan para pengurus parpol dalam suatu tempat. Kegiatan itu akan dikoordinir oleh KPU selaku penyelenggara pemilu legislatif.
“Kami juga akan melakukan safari parpol, dengan mengunjungi kantor mereka,” tegasnya.
KPU juga membuka diri, jika diundang parpol untuk sosialisasi kepada pengurus kader. Yakni memberikan penjelasan mengenai Pileg kepada kader serta bakal calon legislatif. Dengan pemahaman yang utuh, diharapkan pemilu bakal berlangsung dengan sukses.“Sebagian tahapan sudah dimulai sejak tahun 2013 ini,” imbuh dia.
Menurut dia, pada tahap persiapan pemilu juga akan diawali seleksi anggota KPU provinsi dan kabupaten/ kota. Seleksi itu dilakukan dalam rentang Januari sampai Desember 2013. Adapun tahapan yang bersifat teknis, seperti logistik dan lain-lain baru akan digelar 2014.“Dalam rentang tahun ini juga, ada pembentukan PPK dan PPS,” tandasnya.(ary/lyo)
comments

This content has been locked. You can no longer post any comment.