Malang Post

You are here: Batu Agropolitan

Batu Agropolitan

Dewan Beralih Bahas KUA- PPAS

Share
BATU- Setelah melalui perdebatan panas, akhirnya DPRD Kota Batu berhasil menuntaskan seluruh alat kelengkapan dewan.  Dalam paripurna internal, penetapan nama nama keanggotaan alat kelengkapan dewan masa keanggotaan 2014 – 2019 yang digelar kemarin, akhirnya bisa menghasilkan keputusan terbentuknya Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Banmus).
Dua kubu yang selama ini tarik ulur terkait dengan penggunaan dasar hukum, sepakat untuk menjadikan Peraturan Pemerintah (PP) No 16 tahun 2010 sebagai pijakan hukum pembentukan Banggar dan Banmus.
“Semua fraksi sudah sepakat menggunakan PP Nomor 16 tahun 2010 sebagai pijakan penetapan anggota Banggar dan Banmus, besok kami sudah mulai pembahasan KUA dan PPAS,” ujar Nurrochman, Wakil Ketua DPRD Kota Batu.
Didik Mahmud, Ketua Fraksi Golkar menjelaskan bahwa selama ini perbedaan yang terjadi di gedung DPRD karena adanya beberapa permasalahan penafsiran pijakan hukum.
“Tatib kita tidak ada revisi apa pun dari gubernur, tugas kami kan dinaungi oleh tata Tertib dewan. Dasar kami bekerja juga pada Tatib tersebut, akhirnya kami sepakati pada rapat paripurna pada 4 Nopember lalu tetap menggunakan Tatib, karena tidak ada satu pun surat tertulis mengenai revisi Tatib tersebut,” terang Didik.
Baru 6 November lalu muncul surat dari Gubernur Jatim, yang isinya menerangkan bahwa pembentukan Banmus dan Banggar berpatokan pada PP Nomor 16 tahun 2010. “Hanya saja kesalahan ketua (Cahyo Edi Purnomo-red) surat itu hanya diedarkan ke fraksi-fraksi tanpa ada pertemuan, hingga kebuntuan terus berjalan,” ujar mantan Ketua KONI Kota Batu ini.
Didik menegaskan, baginya bukan masalah kalah atau menang, bukan pul masalah menguasai atau dikuasi, namun demi mempercepat tugas-tugas pihaknyapun sepakat untuk menggunakan PP Nomor 16 tahun 2010 sebagai pijakan hukum pembentukan Banggar dan Banmus.
Artinya kubu Partai Golkar, PAN dan Gerindra sepakat untuk memberikan dua kursi yang tersisa dalam Banggar dan Banmus kepada pemenang pemilu yakni PDIP dan Gerindra. (muh/lyo)
comments

Page 10 of 1212