Malang Post

You are here: Batu Agropolitan

Batu Agropolitan

TPA Tlekung Jadi Areal Studi Banding

PENGELOLAAN : TPA Tlekung, mulai jadi langganan studi banding pengelolaan sampah, termasuk dari luar pulau.
 
BATU- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung, mulai menjadi jujugan studi banding siapa bagi siapapun yang mau belajar soal pengelolaan sampah. Tidak hanya instansi pemerintah, namun juga banyak kelompok masyarakat.
Halnya kemarin, rombongan dari Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Sulawesi Selatan, Kementerian Pekerjaan Umum, juga datang ke TPA yang lokasinya berada di atas Goa Jepang itu. Ir H Hasir Tjenne Msi, Kepala Satker mengatakan, kedatangan dia bersama rombongan
ke TPA itu secara khusus untuk mempelajari pengelolaan sampah.
“ Kami mendengar bila TPA Tlekung ini pengelolaan sampahnya bagus, karena itu kami ingin mengadopsinya untuk diterapkan di daerah kami,” terang Hasir.
Pengelolaan sampah yang bagus, menjadikan aroma busuk sampah yang biasanya mengganggu, tidak ditemukan di TPA ini. Selain itu kata Hasir, TPA Tlekung bisa mengolah sampah menjadi sebuah kompos. Bahkan bisa memanfaatkan gas metan yang dihasilkan sampah, untuk selanjutnya disalurkan ke rumah-rumah warga.
“ Kami sudah mendengar beberapa kelebihan itu, dan ingin banyak belajar terkait pengelolaan sampah tersebut. Begitu sampai di sini, ternyata kabar itu benar,’’terangnya.
Kedatangan rombongan dari Satker Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman itu, diterima oleh Imron Suyudi, Kasi Pengelolaan Kebersihan, Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang. Kemudian, mereka diajak ke lokasi pembuangan sampah, hingga pengelolaan yang menggunakan sistem sanitary landfill. Lalu melihat proses mendaur ulang sampah organik, untuk dijadikan pupuk kompos.
Kunjungan dilanjutkan menuju instalasi bio gas metan, mulai dari proses flaring biogas, ruangan pemurnian biogas, pengisian ampul, ruangan panel dan genset 5000 watt yang menggunakan gas metan. “Bio gas ini sudah kami alirkan ke permukiman penduduk, yang dimanfatkan oleh 30 kepala keluarga di sekitar TPA ini,” ujar Imron. (muh/lyo)

Page 10 of 1560