Malang Post

Banner
You are here: Arema Sport Terbaik di ISL, Kejar Rekor 100 Gol

Terbaik di ISL, Kejar Rekor 100 Gol

Share
MALANG – Ketajaman bomber Arema Indonesia, Alberto Goncalves semakin diakui di kancah persepakbolaan nasional. PT Liga Indonesia, baru saja menobatkan Beto ‘GOLcalves’ sebagai pemain terbaik ISL edisi Februari 2013. Penghuni runner up topskor sementara ISL tersebut, dipilih oleh tim Technical Study Group (TSG) yang didirikan oleh PT LI.
Beto menyingkirkan dua kandidat kuat lainnya. Lancine Kone (Persisam) dan duetnya di klub berjuluk Singo Edan, sekaligus topskor sementara ISL, Christian “El Loco” Gonzales. Pesepakbola Samba itu mengaku senang dengan penghargaan yang diberikan oleh PT LI.
‘’Saya senang dapat penghargaan. Tapi ini masih belum apa-apa. Masih setengah kompetisi. Perjalanan masih panjang, saya harus tetap fokus di Arema,’’ ungkap Beto kepada Malang Post kemarin (20/3).
Sudah seharusnya, ia tak menganggap penghargaan ini sebagai puncak prestasinya. Beto bukan striker haus gol bila cepat puas dengan pencapaian ini.
Striker berusia 32 tahun itu masih memiliki satu ambisi lagi, untuk mencatatkan rekor pribadinya di ISL. Yakni mencetak gol keseratusnya sejak mendarat di klub pertamanya di Indonesia, Persipura Jayapura.
Berkarir di kancah persepakbolaan nasional, Beto menunjukkan ketajaman yang menandingi striker bernama besar lain, seperti Christian Gonzales, sehingga, kini ia sudah mengoleksi 97 gol.
Jumlah tersebut dicatatkannya mulai tahun 2007. Saat membela Persipura selama 2007-2010, Beto bermain sebanyak 94 kali dalam laga resmi dan mengoleksi 60 gol.
Tahun 2011 dia sempat pindah ke Persijap Jepara. Pemain yang sedang menunggu kelahiran anak ketiganya tersebut hanya mencetak 4 gol dalam 14 kali penampilannya di Persijap.
Tahun 2011-2012, Beto kembali ke Bhumi Papua, dan kembali membela Persipura. Kedatangannya yang kedua kali di tim Mutiara Hitam, julukan Persipura, menorehkan rekor 25 gol dari 34 penampilan. Kini, setelah berkostum tim pujaan Aremania, topskor ISL musim lalu tersebut telah mencetak 8 gol dari 9 pertandingan.
Total, ‘GOLcalves’ sudah mencatatkan 97 gol. Beto ingin mencetak gol centurian atau gol keseratusnya saat berbaju Arema.
‘’Untuk mewujudkan itu, harus latihan dan kerja keras lebih lagi. Saya menambah porsi latihan finishing. Itu selalu saya asah karena tugas saya mencetak gol. Stamina juga terus saya jaga. Gol keseratus itu akan muncul sendiri, setelah kita fokus kerja keras di Arema,’’ tegas Beto.
Besar kemungkinan, pemain bernomor punggung 9 tersebut bisa mencapai rekor gol keseratusnya saat putaran pertama ISL. Sebentar lagi, Arema akan bermain satu kali away dan dua home. Lawan Persita Tangerang (31/3), Persepam Madura United (10/4) dan Persela Lamongan (14/4).
Jika dalam tiga pertandingan Beto bisa mencetak masing-masing satu gol, maka ia bisa menorehkan gol centurian saat lawan Persela. Namun, sebelum memikirkan rekor, pria bertinggi 175 sentimeter itu ingin lebih dulu fokus memberi kontribusi terbaik untuk klub pujaan publik sepakbola Malang itu.
‘’Saya tak bisa main individu. Semua karena anggota tim lain dan pelatih. Saya bukan apa-apa. Saya baru bisa berprestasi, kalau kerjasama dengan skuad, menunjukkan performa bagus dan mencetak gol dari hasil kerjasama tim. Itu yang benar,’’ sebut mantan punggawa Remo FC, Liga Brazil tersebut.
Selain gelar pemain terbaik ISL Februari 2013, tim TSG PT LI yang beranggotakan Joppie Lepel, Yeyen Tumena, Demis Djamaoeddin dan Tommy Welly tersebut juga meluncurkan best eleven ISL edisi Januari-Februari 2013. Beto masuk dalam starting line up terbaik ISL, dua bulan berturut-turut.
Bulan Januari, ia masuk Best Eleven ISL bersama duetnya Christian Gonzales serta legiun asing berdarah Kamerun, Thierry Gathuessi. Pada bulan Februari, Beto lagi-lagi menempati best starting line up ISL, bersama El Loco, Thierry Gathuessi, Hendro Siswanto dengan pelatih Rahmad Darmawan. RD sendiri juga baru saja dinobatkan oleh tim TSG sebagai pelatih terbaik ISL edisi Februari 2013.
Selama bulan Februari, RD mampu membawa Arema meraih 5 kali kemenangan dari enam pertandingan. Satu kali kekalahan hanya terjadi di kandang PSPS Pekanbaru, 12 Februari 2013, kalah 0-1 oleh gol cepat skuad asuhan Mundari Karya. (fin/avi)
comments

Comments

 
0 #2 AREMANIA RONGGOLAWE 2013-03-22 00:24
cita-cita bagus aku mendukung.............
Quote
 
 
-4 #1 arima 2013-03-21 03:09
koen gak penak.... seratus anak a
Quote
 

This content has been locked. You can no longer post any comment.

Klasemen ISL