Monday, 17 July 2017 20:22

Minim Recovery

     
    MALANG – Jadwal Arema FC di tiga pekan terakhir Liga 1 Indonesia tidak proporsional untuk keseimbangan recovery kondisi pemain. Setelah main lawan Persipura hari Minggu lalu, Singo Edan hanya punya waktu kemarin dan hari ini untuk persiapan lawan Semen Padang FC. Besok Rabu (19/7), tim sudah harus berangkat tur karena pertandingan berlangsung Jumat (21/7). Pelatih Arema, Aji Santoso menyebut, tim diliburkan Senin kemarin dan langsung latihan pagi ini. 
    “Kita liburkan pemain hari Senin, lalu hari Selasa (hari ini) latihan pagi,” kata Aji.
    Jadwal latihan maupun recovery terhitung tidak proporsional karena secara matematika, Arema hanya punya waktu efektif tiga hari untuk istirahat, latihan dan menempuh perjalanan ke Padang.
    Setelah libur kemarin dan latihan hari ini, besok Arema sudah siap bertandang ke Stadion Agus Salim untuk menerima jamuan dari Semen Padang FC. Praktis, Arema punya empat hari saja sebelum laga kontra Kabau Sirah hari Jumat. Mepetnya jadwal Arema ini, sangat bertolak belakang dengan Persipura Jayapura.
    Tim asal Papua, masih punya waktu beristirahat karena mereka hanya bermain tiap hari Minggu selama tiga pekan. Setelah lawan Arema hari Minggu lalu, hari Minggu tanggal 23 Juli, Persipura siap menjamu PS TNI di Stadion Mandala, dan melawat kandang Sriwijaya FC Stadion Jakabaring pada 30 Juli, hari Minggu.
    Sementara, tim berlogo singa, hanya diberi empat hari efektif sebelum mendatangi tanah Minang. Memang, kata Aji, Arema punya waktu panjang setelah laga kontra Semen Padang FC karena jadwal berikutnya lawan Borneo FC, dilaksanakan pada 30 Juli 2017. Namun, laga lawan Padang sangat penting bagi masa depan Arema di papan klasemen.
    Sedikit saja ada perbedaan recovery, akan menentukan posisi tim dalam meraih poin. Karena itulah, Aji berupaya mengakali jadwal yang mepet jelang laga Semen Padang FC dengan liburan satu hari kemarin. Harapannya, walaupun waktu recovery pendek, Aji mengupayakan tim tetap dalam kondisi fresh.
    Dia menambahkan, fokus latihan juga hanya memaintenance kondisi Cristian Gonzales dkk. “Juga, sedikit menambah materi hasil evaluasi dari kekalahan lawan Persipura,” tutup Aji.(fin/feb)