4 Jam Padamkan Api Ladang Bambu

Selasa, 22 Oktober 2019

  Follow Us

Rabu, 25 Sep 2019, dibaca : 414 , halim, fino

MALANG – Damkar Kota Malang bertarung dengan api di kawasan lahan bambu Jalan Raya Gadang gang 15, RT 01 RW 03, Kelurahan Gadang Kecamatan Sukun, Kota Malang, Selasa (24/9). Selama empat jam, petugas berupaya memadamkan api yang mengeluarkan kepulan asap ke permukiman warga.
Dari keterangan yang dihimpun, peristiwa kebakaran ini dilaporkan ke Damkar Kota Malang, Selasa siang pukul 13.10. “Laporan masuk pukul 13.10. Kami langsung meluncur ke lokasi,” ujar Kepala Damkar Kota Malang, Anton Vera kepada Malang Post, Selasa sore. Anton memimpin langsung proses pemadaman api di Gadang gang 15 ini.
Lahan tersebut diketahui milik dari Rohim, 47, warga Gadang 15 RT 01 RW 03 Kelurahan Gadang. Menurut Anton, petugas menghadapi api dalam kondisi sulit mencari sumber air. Sejumlah 25 orang petugas damkar, dan tujuh unit kendaraan pemadam, harus mondar-mandir mencari air, demi memadamkan kebakaran lahan ini.
“Kami memulai pemadaman sekitar pukul 13.30 berakhir pukul 18.05. Pasalnya, ada kendala sulitnya mencari air di sekitar lokasi, kalaupun ada hidrant, volume airnya kecil,” ujar Anton. Sementara, area lahan yang harus dipadamkan sepanjang 20 meter kali lebar 50 meter, atau 1.000 meter persegi.
Benda-benda yang terbakar di area lahan ini antara lain bambu, serta barang-barang rongsokan. Akibat kebakaran ini, satu petugas Damkar Kota Malang mengalami luka karena terkena pecahan kaca yang terselip di antara rongsokan sampah yang terbakar. Petugas yang terluka dilarikan ke UGD RSSA Malang untuk mendapatkan perawatan.
Sementara, petugas lain masih berjibaku mencari air untuk memadamkan api. Anton menerangkan, kebakaran ini berawal dari kebakaran di lahan bambu yang sejatinya berada di sebelah utara lokasi akhir kebakaran ini. Anton mengungkapkan, api merambat ke arah selatan karena angin yang bertiup kencang.
Setelah api padam, semua personel, termasuk jajaran Polsek Sukun, Babinsa Kelurahan Gadang, relawan RJT, RAM dan Es Teh Anget, meninggalkan lokasi.(fin/lim)



Loading...