Dishub Siapkan Aturan Penindakan Pelanggar Parkir

Jumat, 18 Oktober 2019

Senin, 26 Agu 2019, dibaca : 435 , Muhaimin, Amanda

MALANG - Permasalahan parkir di Kota Malang sering menjadi sorotan publik. Di beberapa titik, sudah ada rambu larangan untuk parkir, baik di bahu jalan maupun trotoar, tapi masih saja dilanggar oleh sebagian masyarakat. Menanggapi hal tersebut, tahun 2020 mendatang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang akan menyiapkan Program Legislasi Daerah (Prolegda) khusus terkait aturan parkir.
Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto menjelaskan, sampai saat ini, pihaknya hanya bisa memberikan imbauan dan melakukan penertiban kepada masyarakat yang melanggar parkir. Terkait sanksi, hal tersebut sudah merupakan tanggung jawab dari pihak Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Malang Kota. “Kalau sanksi, berupa tilang dan lainnya merupakan ranah dari Satlantas. Kami tidak berhak memberikan sanksi,” kata Handi.
Namun, lanjut Handi, pada tahun 2020 mendatang, pihaknya sudah menyiapkan usulan di Prolegda terkait permasalahan parkir. Sehingga, akan ada Peraturan Daerah (Perda) khusus. “Nanti, terkait penyelenggaraan perhubungan, mulai dari parkir, uji kir dan rekayasa lalu lintas akan diusulkan. Kalau sudah selesai, baru kami bisa melakukan tindakan,” kata dia.
Meski demikian, setiap hari, anggota Dishub terus melakukan pengawasan terhadap beberapa titik parkir, utamanya yang menggunakan bahu jalan dan mengganggu kenyamanan warga. “Tim dari Dishub terus melakukan pengawasan. Jika ada yang melakukan pelanggaran, maka akan kami tertibkan,” imbuh Handi.
Seperti yang dilakukan belum lama ini, Dishub Kota Malang melakukan penertiban pelanggaran parkir di kawasan Jalan Trunojoyo, Kota Malang. Penertiban tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut atas pengaduan masyarakat. “Sebab, banyak masyarakat yang merasa tidak nyaman. Berdasarkan laporan tersebut, kami langsung melakukan penertiban, termasuk di kawasan-kawasan yang tidak diperbolehkan untuk parkir," kata dia.(tea/aim)



Loading...