Dukung Tol Pandaan Malang, Pemkab Lebarkan Jalan

Selasa, 22 Oktober 2019

  Follow Us

Selasa, 24 Sep 2019, dibaca : 3804 , udi, ira

MALANG - Fokus Pemerintah Kabupaten Malang melakukan pembangunan di wilayah timur betul-betul direalisasikan. Terbukti, Pemkab Malang mulai melakukan pembangunan infrastruktur di beberapa titik. Diantaranya, pelebaran Jalan Ampeldento, Pakis. Jalan yang menjadi penghubung wilayah Kota Malang dan Kabupaten ini dilebarkan mulai dari ruas Sekarpuro- hingga Bunut Wetan.
"Panjangnya sekitar 1 kilometer. Pelebaran jalannya sekitar dua meter, masing-masing sisi jalan dilebarkan satu meter," kata Kepala Bidang Pemeliharaan, Dinas PU dan Binamarga, Kabupaten Malang, Suwignyo.
Kepada Malang Post, Wignyo begitu dia akrab dipanggil menyebutkan, pelebaran jalan mulai dikerjakan sejak pertengahan Agustus lalu. Rencana pengerjaan dilakukan sampai dengan akhir September mendatang. "Kenapa dilebarkan, karena untuk mendukung ditetapkan Bromo Tengger Semeru (BTS) sebagai Kawasan Strategis Nasional, serta mendukung tol Pandaan Malang dan Bandara Abd Saleh yang tidak lama lagi menjadi Bandara Internasional," katanya.
Wignyo mengatakan, dukungan infrastrukur berupa pelebaran dan perbaikan jalan itu dilakukan agar segera memberikan kemudahan warga atau wisatawan yang hendak berkunjung ke BTS. Tapi lebih dari itu, dengan infrastruktur yang diperbaiki, warga sepanjang Jalan Ampeldento juga dapat berkarya. Sehingga melalui perbaikan infrastruktur tersebut, tingkat  kesejahteraan warga dapat naik. "Karena nanti banyak kendaraan yang melintas, warga juga bisa membuat karya yang dapat dilirik oleh wisatawan," ungkapnya.
Menurutnya, jalan Raya Ampeldento bukan satu-satunya yang dibangun Pemkab Malang. Melalui DPUBM, Pemkab Malang juga membangun dan memperbaiki Jalan Raya Ngadas dan Jalan Raya Poncokusumo. Pelebaran jalan dilakukan untuk memberikan kemudahan akses pada para wisatawan menuju BTS.
"Jadi tidak hanya jalur artery saja yang kami lebarkan. Tapi juga beberapa jalan lain. Saat ini kami sedang mengerjalan di Jalan Poncokumo dan Jalan Raya Ngadas," tambahnya.
Dia pun berharap dengan perbaikan infrastruktur ini, pengendara kendaraan bisa nyaman melintas. "Kalau dulu rusak, wisatawan tidak nyaman melintas. Tapi setelah diperbaiki, kami yakin masyarakat dapat lebih nyaman saat mereka berkendara di jalan raya," tuturnya.
Disinggung dengan anggaran untuk perbaikan jalan, Wignyo mengakau cukup banyak. Tapi demikian, dia mengaku tidak hafal nilainya. Yang jelas menurut Suwignya selain melakukan perbaikan dan pelebaran, fasilitas jalan juga diperbaiki, termasuk membangun saluran air.
"Paket pekerjaannya perbaikan dan pembenahan saluran air dan untuk saluran air di beberapa titik sudah kami lakukan, termasuk yang di Jalan Raya Perum Asrikaton sekarang sedang dilakukan pengerjaan." tandasnya.  (ira/udi)



Loading...