Festival Lampion Singosari Jadi Hiburan Masyarakat | Malang Post

Jumat, 13 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 19 Nov 2019, dibaca : 324 , Mahmudi, Ravika

MALANG – Puncak kegiatan Festival Lampion Singosari 2019 berlangsung semarak Minggu (17/11) malam lalu. Di Lapangan Tumapel Singosari, seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan yang digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi ke 1259 Kabupaten Malang.
Camat Singosari, Bagus Sulistyawan, mengatakan Festival Lampion  merupakan event rutin yang digelar Kecamatan Singosari. Event ini tidak sekadar festival biasa, tapi juga sebagai ajang untuk memberikan hiburan kepada masyarakat.
”Ini merupakan tahun ke 3 Festival Lampion Singosari digelar. Selain memberikan hiburan kepada masyarakat, kegiatan ini juga untuk memerikan wadah promosi untuk segala potensi yang dimiliki desa maupun kelurahan, agar lebih dikenal masyarakat,’’ katanya.
Selain itu kegiatan tersebut memberikan motivasi masyarakat Singosari untuk terus mengembangkan kreatifitasnya. ”Festival Lampion Singosari dibuka sejak sepekan lalu. Ada banyak kegiatan, mulai dari  lomba karaoke, lomba Al Banjari, lomba yel-yel, lomba musik patrol, bazar, senam dan hari ini ditutup dengan pawai lampion,’’ katanya.
Untuk pawai  lampion diuraikan Bagus diikuti 24 kontingen. Mereka berasal dari perwakilan  sekolah, perwakilan desa/kelurahan, perwakilan pemerintahan, komunitas organisasi. ”Masing-masing kontingen berjumlah 30 anggota,’’ tambah mantan Lurah Candirenggo, Singosari ini. Event pawai semakin semarak karena diiringi dengan musik patrol. ”Tadi berangkat dari Pendopo Pujisari (eks Kawedanan Singosari) dan finish di Lapangan Tumapel Singosari.
Bagus mengatakan jika Festival Lampion Singosari ini terwujud atas kerja sama dan dukungan dengan berbagai pihak. Salah satunya Batalyon Armed 1/Roket, yang bermarkas di wilayah Singosari. ”Kegiatan ini sekalgus sebagai upaya untuk merekatkan tali silaturahmi. Tidak hanya dengan warga, tapi juga dengan seluruh jajaran, TNI/Polri dan lainnya,’’ ungkapnya.
Sementara itu, Bupati Malang H.M Sanusi yang hadir dalam Puncak Lampion Singosari, sangat senang dengan event itu. Dia memberikan apresiasi kepada seluruh pihak atas terlaksananya event tersebut.
"Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, saya menyambut baik kegiatan ini, kedepan jika pelaksanaan terus dikembangkan. Festival lampion bisa menjadi destinasi wisata di Kecamatan Singosari, dan bisa menggerakkan perekonomian masyarakat. Khususnya di wilayah Singosari, " ucapnya.
Sanusi menyampaikan, jika Pemkab Malang akan sangat mendukung dan merespon positif di setiap wilayah di Kabupaten Malang yang menyelenggarakan kegiatan dan memiliki daya jual di bidang pariwisata.
Kepada penyelenggara, peserta dan semua pihak yang terlibat pada even ini, agar dapat mengemas kegiatan semakin menarik dan inovatif dari tahun ke tahun. Selain Sanusi, Pucak Festival Lampion juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto, Danyonarmed 1/Roket Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin S.I.P, M.I.Pol, Kapolsek Singosari, Kompol Untung Bagyo Riyanto SH, dan tamu undangan lainnya. (ira/udi)  



Loading...