Gandeng Kejari, DPKPCK Antisipasi Permasalahn Hukum

Jumat, 18 Oktober 2019

Senin, 02 Sep 2019, dibaca : 296 , Udi, ira

MALANG -  Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) bekerjasama  dengan Kejaksaan Negeri Kepanjen. Kerjasama tersebut  terkait penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara. Nota kerja sama tersebut ditandatangani oleh Kepala DPKPCK Dr Ir Wahyu Hidayat MM dan Kajari Kepanjen, Abdul Qohar pada Senin (2/9).
Kepada wartawan, Wahyu memaparkan, kerja sama yang dilakukan itu meliputi pemberian pendapat hukum (Legal Opinion), pendampingan hukum (Legal Assistance) dan audit hukum (Legal Audit).  "Dengan kerja sama yang kami lakukan ini, Kejaksaan dapat memberikan pendapatnya jika terjadi permasalah dalam pekerjaan yang kami lakukan," katanya.
Pria yang juga dosen di ITN Malang ini mengatakan, Tim Kejaksaan dapat memberikan saran dan pendapat, saat ada pekerjaan yang dikerjakan DPKPCK bermasalah atau dipermasalahkan.
"Jika itu terjadi permasalahan dan dibutuhkan audit, dari Kejaksaan pun akan melakukan audit," tambah Wahyu.
Kerja sama itu disebutkan bapak satu anak ini bukan kali pertama dilakukan. Pada 2018 lalu, DPKPCK dan Kejaksaan Negeri Kepanjen juga melakukan hal yang sama. Dia mengaku dinasnya sangat terbantu dengan kerja sama itu. "Tujuan dari kerja sama ini memberikan keyakinan kepada seluruh staf,  bahwa pekerjaan yang dilakukan telah benar, dan tidak menyalahi aturan hukum. Karena saat melakukan pengerjaan, tim dari Kejaksaan terus melakukan pemantauan, meskipun tim ini akan bekerja jika ada permasalahan di tempat kami," ungkapnya.
Wahyu menyampaikan, kerja sama itu penting dilakukan agar tidak ada keraguan, saat DPKPCK melakukan pekerjaan. "Kalau ragu-ragu melangkah, kami bisa melakukan konsultasi langsung. Dari hasil konsultasi, akan ada arahan-arahan dari Kejaksaan. Sehingga saat melangkah, kami yakin langkah kami tidak melanggar peraturan dan perundang-undangan," urainya.
Begitu juga saat ada masalah, tim dari Kejaksaan yang diminta untuk mendampingi atau sebagai pengacara negara. "Harapannya dengqn adanya kerjasama ini, kami dapat mengerjakan tugas secara baik dan profesional. Dan pembangunan di Kabupaten Malang berjalan sesuai yang diharapkan," tandasnya.
Penandatanganan kerja sama yang digelar di Kantor Kejaksaan Negeri Kepanjen itu, juga dihadiri dihadiri seluruh Kepala Bidang di DPKPCK dan Tim dari Kejaksaan. (ira/udi)



Loading...