MalangPost - Gandeng SMAN 2, BRI Berikan Junio Smart

Minggu, 09 Agustus 2020

  Mengikuti :

Gandeng SMAN 2, BRI Berikan Junio Smart

Kamis, 02 Jul 2020, Dibaca : 4164 Kali

MALANG - Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia, membuat dunia pendidikan turut merasakan imbasnya. Siswa terpaksa harus belajar dari rumah atau  study from home, untuk menghindari tatap muka langsung, yang berpotensi menjadi sarana penularan covid 19. Dengan kebijakan di dunia pendidikan tersebut, membuat siswa melakukan proses pembelajaran dari rumah.

Namun beberapa sekolah yang belum memiliki platform pembelajaran secara daring, akan mengalami kendala. Kondisi seperti itulah, yang sudah di antisipasi oleh Bank BRI. Apalagi BRI memiliki komitmen nyata terhadap dunia pendidikan, melalui platform junio smart-nya.

Kali ini BRI Cabang Malang Martadinata, melakukan kerjasama SMA Negeri 2 Malang. Ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman dengan SMA Negeri 2 Malang,  terkait fasilitas junio smart ini. Penandatanganan MoU tersebut, dilakukan di lab biologi sekolah setempat, Kamis (3/7).

Pemimpin Cabang BRI Malang Martadinata, Muhammad Zulham Salahuddin mengatakan, junio smart ini merupakan platform yang dapat digunakan oleh guru, siswa maupun orang tua, untuk mengakses pembelajaran. Hal tersebut merupakan bentuk keterlibatan  perbankan di dunia pendidikan. Khususnya di masa pandemi ini.

‘’Harapannya dengan perubahan new normal di masa pandemi ini, kami bisa membantu dunia mendidikan. Yakni ketika semua transaksi bisa dilakukan tanpa uang tunai dan juga fasilitas-fasilitas lainnya. Sekolah bisa melakukan pembelajaran dengan siswa, melalui junio smart. Ujian juga langsung di sana. Orang tua maupun guru, juga langsung dapat mengontrol anak-anak melalui aplikasi junio smart ini,’’ jelas Zulham.

Junio Smart itu sendiri, jelas Nanik Sukmawati, Asisten Manager Pemasaran Dana BRI Martadinata, adalah platform yang berbasis aplikasi, yang mengintegrasikan antara orang tua, guru da siswa dalam satu aplikasi.

‘’Benefitnya bagi orang tua adalah kemudahan akses monitoring dan evaluasi. Sementara bagi sekolah, junio smart ini bisa dipakai guru, siswa bahkan bagian keuangan. Sekolah dapat memindahkan database guru, sekolah dan orang tua, serta monitoring keuangan dalam satu sistem terintegrasi. Sekolah juga dalam menggunakan aplikasi ini, untuk ujian online. Termasuk guru juga dalam memberikan tugas kepada siswa, lewat aplikasi junio smart ini,’’ kata Nanik.

Kepala SMA Negeri 2 Malang, Hariyanto mengapresiasi kerjasama, yang dapat saling menguntungkan kedua pihak. Karenanya, mereka berharap dapat terus memperluas kerjasama di berbagai bidang dengan BRI. Termasuk diperluas dengan bentuk kerjasama yang lain.

‘’Ini merupakan kerjasama yang saling menguntungkan. Apalagi kami diberi fasilitas sesuai dengan namanya, junio smart, yang bisa mengakses antara sekolah, orang tua dan siswa. Tidak hanya keuangan, tetapi juga semua informasi. Baik akademik maupun non akademik,’’ ujar Hariyanto. (jof)

Editor : Redaksi
Penulis : Joffa Safik