Honeymoon, Dua Pendaki Semeru Dipalak Rp 650 Ribu

Selasa, 22 Oktober 2019

  Follow Us

Selasa, 24 Sep 2019, dibaca : 9894 , ba, ary

MALANG - Dua pendaki mengalami hal tak menyenangkan di Ranupane, pintu masuk jalur pendakian Gunung Semeru. Mereka ketakutan karena mobil yang mengangkutnya dimintai uang Rp 650 ribu. Yang meminta adalah oknum yang mengaku dari paguyuban Jeep Ranupane.
Aksi yang terkesan seperti pemalakan ini terjadi Sabtu (21/9) siang. Dua pendaki itu honeymoon di Ranu Kumbolo. Mereka naik Jumat (20/9) lalu turun ke Ranupane Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang pada Sabtu siang sekitar jam 13.30 WIB.
Di desa yang masuk area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tiba-tiba mobil didatangi satu orang. Mengaku bernama Paino dari Paguyuban Jeep. Dua pendaki ini diminta turun ke pos jeep di bawah."Alasannya mobil pribadi tidak boleh menjemput ke Ranupane, turun harus naik Jeep, dua tamu saya itu sampai ketakutan," ujar Habibi nama samaran, salah satu pengusaha travel di Malang kepada Malang Post.
Kata Habibi, pihaknya harus membayar Rp 650 ribu. Duit itu agar dua wisatawan itu tetap bisa turun dari Ranupane ke Kota Malang dengan mobil pribadi. Selain Paino sopir mobil juga ditemui oknum yang mengaku bernama W sebagai Ketua Payuban Jeep Ranupane dan satu orang lagi berinisial S.
"Dinego Rp 200 ribu gak bisa, kami terpaksa membayar karena wisatawan kami ketakutan, dan uang ini diminta di depan mereka," imbuhnya.
Ia menyayangkan kejadian tersebut terjadi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ini bisa jadi preseden buruk untuk pariwisata khusus pendakian ke Semeru. Yang tak enak lagi, motor porter dan mobil pribadi mereka bahkan sampai difoto-foto oleh pelaku. "Aturan tidak boleh bawa turun pendaki pakai mobil pribadi itu katanya sudah 10 tahun, tapi apakah memang harus membayar Rp 650 ribu," keluhnya.
Ia berharap persoalan ini direspons oleh TNBTS, Pemkab Lumajang atau Bupati Lumajang hingga Pemkab Malang. Sebab pariwisata di kawasan TN BTS masih jadi andalan Jatim. Apalagi Gubernur Jatim Khofifah berencana membangun skytrain ke kawasan TN BTS. (ary)



Loading...