Jalin Keakraban, Wacanakan Jimpitan

Jumat, 18 Oktober 2019

Senin, 26 Agu 2019, dibaca : 294 , mp, ian

MALANG – Warga RW VII Mulyorejo merayakan peringatan kemerdekaan RI ke-74 dengan mengadakan jalan sehat pada Minggu (25/8). Ratusan warga dari total 6 RT yang berada di wilayah RW VII ini tampak semangat dan antusias mengikuti jalan sehat yang dimulai sejak pukul 6 pagi tersebut. Jalan sehat kali ini terasa sangat akrab dan hangat karena seluruh warga di lingkungan RW VII dapat berkumpul dan bersilaturahmi.
“Selain untuk olahraga, untuk kesehatan, jalan sehat ini diadakan untuk menjalin rasa kebersamaan, kerukunan warga di lingkungan RW VII,” ungkap Ignatius Hardiman, Ketua RW VII Kelurahan Mulyorejo kepada Malang Post.
Seperti pada umumnya, jalan sehat kali ini pun juga dibagikan doorprize dengan bermacam macam jenis hadiah. Jalan sehat ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan di RW VII yang telah diadakan sejak akhir Juli lalu.
“Sebelumnya ada kerja bakti, bersih bersih fasum, ada lomba untuk anak dan ibu ibu dan puncaknya jalan sehat hari ini,” ujar Ignatius.
Sementara itu Syahrial Hamid S.Sos., Lurah Mulyorejo yang turut serta dalam jalan sehat RW VII Kelurahan Mulyorejo juga menyampaikan beberapa poin penting dalam momentum berkumpulnya warga RW VII tersebut. Salah satunya adalah rencana diadakannya jimpitan yang telah disepakati oleh seluruh pengurus RT di RW VII.
“Kami coba menindaklanjuti wacana yang sempat dilontarkan oleh walikota untuk mengoptimalkan beberapa kegiatan warga seperti yang pernah dilakukan jaman dahulu. Kegiatan positif seperti jimpitan. Nah ini untuk menangani kegiatan social yang sifatnya kebutuhan mendadak, bisa diambilkan dari situ. Seperti membantu warga yang sakit dan butuh biaya. Sehingga tidak perlu ada tarikan kembali jika terjadi kebutuhan mendadak tersebut,” jelas Syahrial Hamid S.Sos., Lurah Mulyorejo.
Supaya jimpitan ini bisa dimanfaatkan sebagai dana cadangan untuk social, maka jimpitan ini berupa uang dengan jenis koin. Dengan nominal kecil, jimpitan berupa uang receh ini tentu dapat terkumpul banyak namun tetap tidak memberatkan bagi warga.
“Kalau dulu beras, tapi kali ini dengan uang receh. Yang biasanya tercecer itu bisa dimanfaatkan untuk itu dan tentu jimpitan yang dirasa tidak memberatkan,” kata Syahrial.
Syahrial pun berharap dengan kesuksesan jalan sehat sekaligus kerukunan dan kebersamaan warga RW VII Kelurahan Mulyorejo ini dapat tertular di daerah lain. Syahrial berencana untuk menggelar kegiatan serupa di kesempatan mendatang.
“Acara ini saya betul betul bangga, saya lihat RW VII luar biasa. Mereka antusias sekali. Saya harap kerukunan dan kebersamaan terus dipelihara dan saya pribadi juga ingin untuk mengadakan acara seperti ini lebih besar lagi dengan lingkup kelurahan,” pungkasnya. (mp3/sir)



Loading...