Kejar Target, Budaya Kerja Pegawai Harus Ditingkatkan

Jumat, 18 Oktober 2019

Rabu, 28 Agu 2019, dibaca : 280 , aim, Sisca

MALANG - 370 pegawai PDAM Kota Malang diminta meningkatkan budaya kerja. Karena perusahaan umum daerah  kian dituntut membuat inovasi untuk mencapai target kerja.
Hal ini disampaikan Wali Kota Malang Drs H Sutiaji saat memberikan motivasi dalam kegiatan “Gathering Session With Mayor City of Malang” yang digelar PDAM Kota Malang.
“Sudah mau berubah menjadi Perumda tentu harus ada peningkatan kerja. Baik buruknya layanan ke publik dapat mencerminkan baik buruknya SDM yang ada,” papar wali kota kelahiran Lamongan ini saat memberikan sambutan di Hotel Savana, Kota Malang, Selasa (27/8).
Ia mengakui banyak instansi pemerintah masih dinilai lemah dalam membangun budaya kerja. Sutiaji mengatakan, hal ini menjadi penilaian umum Kementerian PAN-RB terhadap kinerja dan evaluasi instansi-instansi di daerah-daerah.  Budaya kerja yang dimaksud adalah pembangunan kualitas pekerja yang loyal, inovatif, efektif dan berkontribusi secara aktif.
“Hal ini yang seringkali dilupakan. Budaya kerja ini sangat penting untuk diberikan pimpinan dibangun dengan baik, sehingga siapapun yang bekerja bisa senang dan menciptakan lingkungan kerja yang baik dan berdampak pada kerja yang maksimal,” tandas Sutiaji.
Hal ini dibenarkan oleh Direktur Utama PDAM Kota Malang M Nur Muhlas. Ia mengatakan beberapa upaya yang dilakukan adalah pembinaan SDM. Mengundang walikota untuk memberikan motivasi juga menjadi upaya itu.
Perubahan paradigma pun ditekankan. Ia menegaskan tidak ada lagi sistem kerja di PDAM Kota Malang yang memberikan tekanan.
“Saya mau merubah paradigma itu. Kita bekerja harus dengan senang. Tidak ada istilahnya dimarahi, yang ada dinasehati. Tidak ada yang namanya dihukum, yang ada adalah dibina,” tandas Muhlas.
Hal ini dilakukannnya bukan karena kurangnya kekompakan pegawai tetapi hal ini dilakukan demi hasil dan inovasi yang baik. Kedepan PDAM Kota Malang memiliki banyak target yang harus dicapai termasuk memberikan pelayanan air minum lebih baik. (ica/aim)



Loading...