Kekeringan, KAN Jabung Syariah Droping Air Bersih

Selasa, 22 Oktober 2019

  Follow Us

Senin, 23 Sep 2019, dibaca : 324 , udi, ira

MALANG - Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Syariah Jatim mendroping air bersih di wilayah Kecamatan Jabung. Ada dua dusun yang menjadi target droping air bersih, yakni Dusun Gunung Kunci, Desa Jabung dan Dusun Kresik, Desa Kemiri, Kecamatan Jabung. Droping tersebut dilakukan karena dua dusun ini mengalami kekeringan sepanjang musim kemarau melanda.
"Untuk wilayah Dusun Gunung Kunci, droping air setiap minggu mencapai 45 ribu ton. Pengiriman dilakukan tiga kali, setiap pengiriman 15 ton air," kata Manager Umum KAN Jabung Syariah Jatim, Eva Marliyanti.
Sedangkan di Dusun Kresik, Desa Kemiri pengiriman air lebih sedikit, yaitu 2000 liter setiap pengiriman. "Kenapa di Kresik lebih sedikit, karena medannya lebih sulit, sehingga truk tangki yang membawa air cukup hanya 2000 liter setiap kali pengiriman. Ini berbeda dengan, di Dusun Gunung Kunci, yang medannya relatif landai, sehingga droping airnya pun bisa lebih banyak," ungkapnya.
Eva menyebutkan, droping air itu merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Kan Jabung kepada warga. Program ini untuk memberikan kemudahan warga terutama para peternak sapi perah mendapatkan suplai air bersih, saat kekeringan.
"Untuk mengatasi masalah kekeringan ini kami menyediakan dua program. Pertama, program jangka pendek dengan droping air ke daerah yang kekeringan. Sedangkan program kedua jangka panjang, kami membuat program pengadaan air bersih melalui pipanisasi," ungkap Eva.
Program pipanisasi tersebut mengambil air dari Coban Siuk, selanjutnya air dialirkan ke Dusun Kresik, Desa Kemiri melalui pipanisasi. "Untuk pipanisasi sekarang sudah jalan sekitar 4 kilometer. Harapannya tahun ini sudah selesai semuanya," tambah Eva.
Program pipanisasi ini juga tidak dilakukan oleh KAN Jabung Syariah sendirian. Tapi KAN Jabung Syariah mendapat bantuan dari pemerintah pusat, yaitu Kementrian PUPR.
"Sebelumnya kami mengusulkan untuk pembangunan pipanisasi. Dan Alhamdulillah, usulan kami disetujui. Terbukti setelah dilakukan peninjauan, pihak Kementrian mulai melakukan pembangunan pipanisasi,’’ tambah Eva.
Di Dusun Kresik, Desa Kemiri dan Dusun Gunung Jati, Desa Jabung, bencana kekeringan bukan kali pertama ini terjadi. Namun setiap tahun, di dua dusun ini selalu mengalami bencana kekeringan. Warga untuk dapat memenuhi air bersih harus berjalan ke dusun tetangga, yang jaraknya sedikit jauh. "Droping air bersih ini merupakan aksi reguler tahunan yang dilakukan oleh CSR KAN Jabung Syariah Jawa Timur. Setiap tahunnya, kekeringan terus terjadi. Harapannya dengan bantuan air bersih ini, warga lebih mudah mendapatkan suplai air bersih," tandasnya. (ira/adv/udi)



Loading...