Ketua DPN Peradi Tutup PKPA DPC Peradi RBA Malang

Jumat, 18 Oktober 2019

Senin, 26 Agu 2019, dibaca : 717 , mp, Fino

MALANG – DPC Peradi Rumah Bersama Advokat Malang pimpinan Yayan Riyanto SH MH sukses menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA). Dari 66 peserta, 64 peserta dinyatakan lulus. Penutupan PKPA, dihelat di Hotel Pelangi Kota Malang. Ketua DPN Peradi Dr Luhut MP Pangaribuan SH LLM hadir langsung menutup PKPA di Hotel Pelangi.
Kesuksesan PKPA DPC Peradi RBA Malang tersebut membuat Luhut semakin yakin akan kinerja kepengurusan DPC Peradi RBA Malang periode ini. Sehingga, Luhut berharap, Yayan Riyanto bisa kembali menjabat sebagai Ketua DPC Peradi RBA Malang. “Kalau saya pribadi, saya berharap mas Yayan bisa lanjut ke dua periode,” kata Luhut kepada wartawan, usai penutupan PKPA, Minggu.
DPC Peradi RBA Malang, bakal menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) pada akhir September 2019 mendatang. Menurut Luhut, feedback dari para peserta yang menjalani PKPA adalah kunci kesuksesan DPC Peradi Malang. Dalam testimoni, para peserta mengaku puas dan merasa mendapatkan ilmu dalam bidang profesi advokat.
Sehingga, Luhut mendengar sendiri feedback positif yang disampaikan para peserta. “Saya rasa, dengan feedback seperti itu, tidak ada alasan untuk tidak mendorong mas Yayan periode kedua,” ujar Luhut. Dalam paparannya, Luhut mengucapkan selamat kepada para peserta yang lulus PKPA.
Namun, masih ada jalur panjang membentang bagi para calon advokat. Mereka harus ujian, magang dua tahun, sebelum dilantik menjadi advokat. Luhut berpesan kepada para calon advokat dengan kutipan kata-kata Abraham Lincoln, presiden ke-16 Amerika Serikat yang menginisiasi penghapusan perbudakan kulit hitam.
Lincoln yang juga seorang pengacara, menyebut bahwa seorang advokat, harus bertekad jujur sejak awal terjun di bidang pengacara. “Jika tidak bertekad jujur sejak awal, maka sebaiknya pilih profesi lain,” tambah Luhut.
Sementara itu, Yayan berterimakasih atas kinerja panitia, ketekunan peserta dalam menjalani PKPA, serta dukungan dari Ketua DPN Peradi yang datang langsung untuk menutup acara. Yayan yang didorong oleh Ketua DPN Peradi untuk menjadi ketua DPC Peradi RBA Malang periode kedua, mengaku siap jika memang anggota menghendaki.
“Kalau memang anggota menghendaki, saya siap menjalankan tugas. DPC Peradi RBA Malang ini besar dan sukses. Ke depan, anggota kami juga harus besar dan sukses. Jangan sampai, organisasinya sukses, tapi anggotanya tidak sukses,” tutur Yayan. Ketua Pelaksana PKPA, Nico Sesar Aditya SH CLA, menyebut ada dua peserta yang tidak lulus PKPA.
Menurutnya, dua peserta yang tidak lulus, gagal memenuhi absensi minimal 80 persen sebagai salah satu persyaratan kelulusan PKPA. “Tidak ada kompromi, yang tidak memenuhi persyaratan, tentu tidak bisa diluluskan. Kesempatan berikutnya, adalah PKPA tahun depan,” tutup Nico.(fin)



Loading...