Klenteng Bagikan 30 Ton Sembako

Jumat, 18 Oktober 2019

Rabu, 28 Agu 2019, dibaca : 613 , aim, Amanda

MALANG – Pagi ini, pengurus Klenteng Eng An Kiong akan membagikan 30 ton beras dan beberapa bahan kebutuhan pokok kepada masyarakat. Pembagian itu digelar dalam tradisi Sedekah Bumi yang rutin digelar setiap tahunnya. Masyarakat yang datang ke klenteng akan mendapatkan satu paket yang telah disiapkan panitia.
Humas Klenteng Eng An Kiong, Bunsu Anton Triono mengungkapkan, Klenteng Eng An Kiong telah menerima sebanyak 30 ton sembako, yang terdiri dari beras, mie, kecap dan lainnya. "Persiapan dan memilah sembako sudah dilakukan untuk dibagikan kepada masyarakat," kata Bunsu  Anton kepada Malang Post.
Tahun lalu, lanjut dia, ada sekitar 3 ribu masyarakat yang hadir. Namun, tahun ini, jumlahnya diprediksi akan berkurang. "Kami bersyukur, artinya banyak masyarakat yang sudah membaik kondisi ekonominya," terang dia.
Dia menjelaskan, saat tradisi sedekah bumi berlangsung, pihaknya sudah menyiapkan alur pembagian agar tidak berjubel. "Alurnya akan kami persingkat. Agar masyarakat yang datang tidak berebut dan semua kebagian," ujarnya.
Terkait pengamanan dan ketertiban, pihaknya juga sudah mempersiapkan personel khusus, baik dari kepolisian, pengurus Klenteng Eng An Kiong dan masih banyak lagi. "Kira-kira, jumlahnya sekitar 150 orang. Ada yang berjaga diluar, agar tidak mengganggu jalan dan juga ada yang di dalam Klenteng, agar tradisi sedekah bumi berjalan lancar," jelasnya.
Tradisi sedekah bumi digelar setiap tahun secara turun-temurun, yang merupakan sembahyang yang ditujukan kepada leluhur yang digelar bulan 7 tanggal 15 penanggalan lunar (bulan). Pada penanggalan itu, bangsa Tiongkok mengalami paceklik hebat sehingga harus berbagi dengan yang lain. "Kami saat itu selalu berdoa agar bumi tidak terjadi mengalami paceklik. Selain itu, kami juga mendoakan arwah, kepada leluhur kita, kepada teman-teman kita, kawan-kawan yang sudah mendahului. Kita membagikan sembako kepada tetangga-tetangga yang membutuhkan," tandas dia. (tea/aim)



Loading...