Latihan Ekstra Keras

Selasa, 22 Oktober 2019

  Follow Us

Sabtu, 07 Sep 2019, dibaca : 586 , Parijon, stenly

MALANG – Skuad Arema FC diboyong ke Pantai Balekambang, Sabtu (7/9) pagi kemarin. Hamka Hamzah dkk berlatih di pantai yang berada di Malang Selatang tersebut dan menjalani program latihan fisik, sekaligus refreshing para pemain, sebelum memasuki putaran kedua Liga 1 2019, mulai Jumat (13/9) pekan depan.
Rombongan Arema berangkat pukul 06.00 WIB dari Mess Arema di Jalan Kesemek Kota Malang. Hampir dua jam perjalanan menuju Balekambang, tim sampai pukul 08.00 WIB. Hannya bersiap dan berganti jersey, mereka langsung melahap menu latihan fisik, yang dibagi dalam tiga sesi.
Sesi pertama yakni jogging, dengan berlari di pinggir pantai sejauh 1,5 sampai 2 meter. Mereka harus berlari ringan, dengan kondisi pasir yang bisa menahan laju lari para pemain.
Begitu sampai di ujung timur pantai, pemain Arema mulai menjalani latihan sprint. Kecepatan dan ketahanan fisik pemain diuji dalam dua sesi di sisi timur Pantai Balekambang. Namun beruntung, cuaca tidak terik dan cenderung mendung, sehingga tidak begitu menguras energi Dendi Santoso dkk.
Hampir semua pemain Arema turut berlatih. Praktis, hanya Muhammad Rafli yang tergabung dengan timnas U-23 dan Hanif Sjahbandi bersama timnas Indonesia senior yang absen. Alfarizi pun berlatih, menjalani dua sesi latihan fisik. Dia hanya melewatkan latihan ketiga, ketika medan sudah mulai menanjak. Akan tetapi, dirinya berlatih terpisah bersama tim medis Arema.
Pelatih Arema FC Milomir Seslija senang dengan latihan yang dijalani timnya di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang, Sabtu (7/9) pagi. Sebab, tidak hanya peningkatan kondisi fisik yang didapatkan oleh Hamka Hamzah dkk. Chemistry antara pemain dan peningkatan hormon senyum bakal menjadi bekal menghadapi putaran kedua Liga 1 2019 mulai pekan depan.
"Latihan seperti ini sangat bermanfaat. Mereka harus ekstra keras mengeluarkan tenaga dengan berlatih di pasir pantai," ujar Milomir Seslija.
Menurut dia, sekalipun hanya satu sampai dua jam melahap menu fisik, latihan tersebut sangat efektif. Pemain bisa mendapatkan peningkatan fisik karena harus mengeluarkan energi dua kali lebih banyak.
"Yang terpenting, kekompakan juga terbentuk. Mereka bercanda, tersenyum. Hormon senyum ini untuk mengurangi stres dan rasa jenuh sebelumnya," papar dia.
Menurutnya, pemain membutuhkan hati yang senang untuk meningkatkan semangat di putaran kedua mendatang.  "Saya yakin ini membantu kami untuk meningkatkan kualitas permainan secara tim," tambah dia.
Dokter tim Arema, dr. Nanang Tri Wahyudi pun mengakui hal yang sama. Latihan fisik di pantai, efektif meningkatkan fisik pemain. Selain itu, jeda kompetisi mencapai 10 hari, tetap untuk diselingi dengan menu berlatih fisik di pantai.
“Secara kondisi, ini lebih berat karena harus berlari di pasir. Tenaga atau fisiknya lebih dapat,” paparnya.
Menurut dia, setelah putaran pertama berakhir, Arema memang sudah saat menjalani menu latihan fisik. Bila sebelumnya Arema memilih Kebun Raya Purwodadi, maka berbeda dengan kemarin.
“Beruntung tadi cuacanya agak mendung. Tetapi walau terlihat tidak capek, fisiknya pasti dapat semua tadi,” pungkas dr. Nanang. (ley/jon)



Kamis, 26 Sep 2019

Tiga Pemain Gabung Timnas

Kamis, 26 Sep 2019

Milo Puji Pemain Cadangan

Senin, 09 Sep 2019

Bakal ke Top Performa

Loading...