MalangPost - LBH Peradi Bantu Masyarakat Miskin Pencari Keadilan

Minggu, 09 Agustus 2020

  Mengikuti :

LBH Peradi Bantu Masyarakat Miskin Pencari Keadilan

Kamis, 02 Jul 2020, Dibaca : 3264 Kali

MALANG – Masih banyaknya masyarakat kecil atau masyarakat kurang mampu yang butuh perlindungan dan bantuan hukum merupakan problem tersendiri, biasanya mereka terkendala informasi dan biaya. Masyarakat tidak tahu harus kemana jika menghadapi masalah atau kasus yang menimpahnya.

 

Untuk PN Malang saja, setiap bulannya menerima permohonan sedikitnya 50 perkara dari para terdakwa yang membutuhkan bantuan  pendampingan hukum secara Cuma-Cuma, yang artinya terdakwa dari masyarakat kurang mampu itu akan dibiayai oleh negara.

‘’Itu belum perkara yang ada di PN Kepanjen, sebulannya bisa diatas 50 perkara. Untuk itu, beberapa waktu lalu kami melakukan MOU dengan PN Kepanjen dengan harapan kami bisa membantu masyarakat kurang mampu dalam pendampingan hukum yang berperkara disana,’’ jelas Ilham Alfarisi,SH,Mhum sekretaris LBH Peradi Malang Raya saat berkunjung ke Graha Malang Post.

 

Untuk LBH Peradi Malang Raya sendiri, lanjut Ilham, sedikitnya 20 perkara yang ditangani, baik itu penunjukkan dari pengadilan maupun masyarakat yang datang langsung ke Sekretariat LBH Peradi Malang Raya.

” Memang masyarakat yang datang ke kami untuk pendampingan hukum masih kecil. Mungkin kurangnya informasi, atau mereka takut harus mengeluarkan biaya. Padahal, buat masyarakat kurang mampu akan kami damping secara gratis, tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun,” imbuh Ilham lagi.

Selain bersilaturahmi dengan awak media Malang Post, rombongan anggota LBH Peradi Malang Raya juga melakukan diskusi hukum. Banyak permasalahan hukum yang dikupas dalam diskusi tersebut, terutama permasalahan-permasalahan hukum yang dihadapi oleh masyarakat Malang Raya.

‘’Dalam diskusi ini banyak yang kita kupas, seperti masalah pertanahan, perdata maupun pidana. Kalau bisa, hasil diskusi ini harus segera kita implementasikan, baik itu dengan cara litigasi maupun nonlitigasi. Karena masyarakat sudah menunggu ini,’’ tandas Erwin Indra Prasetya,SH,MH,CPLC selaku Legal Corporate Malang Post usai diskusi.

 

Erwin berharap, kunjungan silaturahmi ini bisa dilanjutkan dengan bentuk Kerjasama antara LBH Peradi Malang Raya dengan Malang Post dengan tujuan untuk membantu masyarakat dalam mencari keadilan.

‘’ Jujur aja, selama ini masih banyak masyarakat yang belum tahu harus kemana mereka mencari keadilan. Harapan saya, kalau nantinya ada kerjasama, kita bisa bersinergi dan bisa maksimal lagi dalam membantu masyarakat,’’ pungkas Erwin. (*)

Editor : Redaksi
Penulis : Malang Post