Masyarakat Bersih-Bersih Koridor Kayutangan

Jumat, 18 Oktober 2019

Minggu, 25 Agu 2019, dibaca : 455 , Muhaimin, Amanda

MALANG - Jelang event Oeklam-Oeklam Heritage Nang Kajoetangan pada 30-31 Agustus, masyarakat melaksanakan kerja bakti membersihkan koridor Kayutangan, Minggu (25/8) pagi. Acara bertajuk resik-resik tersebut dimulai sekitar pukul 07.00 di depan Riche Hotel dan berakhir di depan Kantor Wilayah Bank BNI Malang.
Dalam acara tersebut, tampak hadir Head of Region BNI Wilayah Malang, Wiwi Suprihatno dan Manager Sales & Service Garuda Indonesia Branch Malang Widyo Pramono ikut andil untuk bersih-bersih.
Wakil Ketua Panitia Oeklam-Oeklam Heritage Nang Kayutangan, M. Iskandar Sjachran mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara menuju event Oeklam-Oeklam Heritage Nang Kayutangan yang akan digelar pada 30-31 Agustus 2019 mendatang.
"Ini acara awal, kami melibatkan seluruh masyarakat Kayutangan untuk membersihkan koridor jalan Kayutangan sebelah barat. Nantinya, spot tersebut akan kami gunakan untuk event," terang dia.
Kegiatan tersebut, lanjut dia, sekaligus membangkitkan semangat masyarakat untuk peduli terhadap bangunan maupun kawasan heritage. Selain membersihkan koridor jalan, ada beberapa bangunan heritage yang tidak berpenghuni juga turut dibersihkan.
"Ini salah satu wujud kepedulian kami terhadap kawasan heritage. Supaya tetap indah dan bersih, sehingga wisatawan nyaman untuk jalan-jalan," jelas pria yang juga Marketing Manager Hotel Pelangi ini.
Selain melibatkan masyarakat, kegiatan tersebut juga melibatkan stakeholder lainnya, mulai perbankan, hotel dan juga pelaku pariwisata lainnya. Serta, mengajak komunitas Trash Hero untuk ikut berpartisipasi. "Kami juga menggandeng Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) untuk membantu kelancaran hari ini," terangnya.
Panitia juga akan melakukan rapat koordinasi terakhir pada Selasa (27/8) mendatang. Mereka siap memanjakan masyarakat dengan  suasana khas Tempoe Doeloe. Kegiatan tersebut akan dibagi dalam empat zona. Zona 1 adalah kawasan zona kawasan yang didalamnya memiliki event pameran foto dan lukisan heritage. Zona ini berada di kawasan depan Bank BNI.
"Kemudian zona 2 adalah kawasan yang didalamnya terdapat layar tancap, kawasan ini diposisikan di depan UOB Bank," kata Wakil Ketua Panitia Oeklam-Oeklam Heritage Nang Kayutangan, M. Iskandar Sjachran.
Sementara, Zona 3, merupakan zona kawasan pusat, yakni Kampung Heritage Kayutangan. Warga bisa menelusuri peninggalan-peninggalan budaya dan sejarah Kayutangan. Zona 4, kegiatan-kegiatan seperti talkshow, yang dipusatkan di DiLo Telkom. bedah buku dan lomba Agustusan yang dipusatkan di depan Gramedia Kayutangan. Di depan Hotel Richie juga akan diadakan Open Kitchen dan pertunjukan musik dari Museum Musik Indonesia (MMI). (tea/aim)



Loading...