Pilih Ketua RW, Diawali Pengobatan Gratis dan Bazar

Jumat, 18 Oktober 2019

Selasa, 03 Sep 2019, dibaca : 267 , Udi, ira

LAWANG - Pemilihan Ketua RW 02, Kelurahan Lawang yang rencananya digelar pada Sabtu (7/9) mendatang dikemas lain dari pada yang lain. Dalam kegiatan tersebut, akan diawali dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan bazar.
Imawan Mashuri, warga RW 02 yang juga pemilik rumah yang bakal ditempati kegiatan mengatakan, tiga rangkaian kegiatan itu digelar sekaligus sebagai bentuk pembelajaran demokrasi kepada masyarakat. "Warga datang, lebih dulu melakukan pemeriksaan kesehatan, kemudian mencoblos, keluar dari TPS, warga bisa langsung berbelanja," ungkapnya.
Imawan menambahkan, seluruh kegiatan digelar di rumahnya. Gedung Yanuba (Yayasan Tunas Bangsa), yang bersebelahan dengan rumahnya sebagai tempat pemeriksaan kesehatan. "Ada pemeriksaan gigi juga," tambah pria yang juga owner Arema Media Group (Ameg) ini.
Bapak dua anak ini menjelaskan, tiga rangkaian kegiatan digelar oleh Arema Media Group, Malang Raya Heritage, Lawang Heritage, Kelurahan Lawang, bekerjasama dengan Lion Club.
"Ada 12 dokter yang terlibat dalam pemeriksaan gratis ini. Tidak terkecuali dokter gigi," ungkapnya.
Untuk pemeriksaan gratis kuotanya mencapai 500 warga. "Warga yang melakukan pemeriksaan gratis mendapatkan kupon yang dibagikan melalui RT-RT se RW 02 Kabupaten Malang,’’ tambahnya.
Sedangkan total jumlah warga yang memilih pada pemilihan Ketua RW 02 Kelurahan Lawang sekitar 982 orang. "Kan tidak semua warga sakit. Kupon yang dibagikan ini sesuai permintaan masing-masing RT di RW02 Kelurahan Lawang," ujarnya.
Menurut Imawan, tiga rangkaian acara itu digelar sekaligus memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI dan HUT ke-21 Malang Post.  "Kenapa digelar September, karena selain masa jabatan ketua RW habis di bulan September, waktunya juga baru longgar sekarang," tambahnya.
Imawan, yang juga Ketua Malang Raya Heritage ini menguraikan, kegiatan tersebut juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berobat. Dia tak menampik jika banyak warga yang enggan ke dokter, meskipun sakit. Melalui kegiatan ini, warga bisa bersama-sama berobat. "Tidak perlu khawatir, jika ada warga yang harus dirujuk, atau harus mendapat perawatan lanjutan, seketika itu langsung dibawa ke RS terdekat," katanya.
Imawan menyebutkan, pemilihan RW dikemas dengan pemeriksaan gratis dan bazar ini baru kali pertama di Indonesia. Harapannya, dengan tiga rangkaian kegiatan itu semuanya mengena. "Ya disini nanti demokrasinya dapat, karena ada pemilihan Ketua RW. Warga bebas memilih sesuai hati nurani, sektor kesehatannya dapat, dan sektor ekonominya juga dapat," ujarnya.
Disinggung untuk calon, Imawan mengatakan ada tiga orang. Satu diantaranya adalah incumbent. "Pemilihan RW ini adalah potret paling penting. Kesadaran demokrasi masyarakat dari tingkat bawah," paparnya.
Dikatakan, di wilayah RW02 Kelurahan Lawang ada 8 RT. Masing-masing RT mengusung satu calon. "Tidak semua RT mengusung dari nama warga dari RT nya. Tapi juga dari RT yang lain. Setelah disaring, muncul tiga nama calon, dan salah satunya adalah incumbent,’’ tuturnya, seraya menambahkan jika pemilihan digelar mulai pukul 07.00 - 13.00, dan dipastikan meriah karena ada hiburan live music dan tari-tarian. (ira/udi)



Loading...