Rp 1 Miliar untuk tamu pelantikan Presiden | Malang Post

Selasa, 12 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Jumat, 18 Okt 2019, dibaca : 342 , mp, jpg

JAKARTA - Pihak Istana Kepresidenan menyiapkan belasan unit kendaraan premium yang akan digunakan tamu negara saat pelantikan presiden dan wakil presiden 20 Oktober nanti. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat ditemui di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/10), mengatakan jumlah mobil yang disiapkan adalah 18 unit.
"Sesuai permohonan Bu Menlu, kami siapkan 18 unit kendaraan yang memang semestinya kami siapkan untuk tamu kepala negara, dan di belakang sini sudah ada," kata Heru.
Kendaraan premium saat ini sudah parkir di Kompleks Sekretariat Presiden.
Sebanyak 18 unit mobil mewah itu, Mercedes Benz jenis S450 dan E300, beserta mobil jenis lain yang menjadi cadangan, disewa Sekretariat Presiden untuk mengangkut tamu-tamu negara, saat pelantikan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wapres 2019-2024.
Mobil-mobil mewah yang disewa itu adalah keluaran terbaru. Penyewaannya dilakukan selama empat hari, untuk kepentingan kepala negara atau utusan dari negara sahabat, yang datang menghadiri pelantikan.
"Anggaran untuk sewa, dari anggaran dari kami (Sekretariat Presiden). Kurang lebih, ya enggak mahal. Kan, ini hanya kita minta empat hari. Kurang lebih Rp1 miliar," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis 17 Oktober 2019.
Anggaran itu, kata Heru, tidak hanya untuk 18 mobil mewah tersebut. Termasuk, beberapa jenis lainnya seperti Alphard dan jenis lainnya yang disiagakan menjadi cadangan.
"Jadi, rinciannya adalah S450 jumlahnya 11, cadangan satu. E300 13 unit. E250 empat unit. E200 sebanyak 10 unit. Dan, tentunya sisanya kendaraan pendukung. Misalnya, contoh Alphard 18 unit, Camry 9, dan tentunya Fortuner sebanyak 27 unit," jelasnya.
Selain beberapa kendaraan di atas yang disiapkan, juga ada inventaris dari pihak Sekretariat Presiden maupun Sekretariat Negara yang digunakan. Seperti jenis Camry, yang memang sudah banyak sebagai inventaris negara.
Adapun 18 unit mobil itu, merupakan permintaan dari pihak Kementerian Luar Negeri. Berdasarkan dengan pimpinan lembaga negara dan atau utusan yang akan hadir nantinya. Maka jenis-jenisnya akan menyesuaikan siapa yang datang.
"Tentunya, semua yang kami siapkan adalah kendaraan yang brand news. Jadi, ada S450 untuk kepala negara. Dan, selevel atau utusan itu adalah E300," jelas mantan Wali kota Jakarta Utara itu.
Meski menyewa dalam waktu singkat, pihak Sekretariat Presiden meminta kepada Mercy, agar yang disewakan adalah yang baru keluar dari pabrikan. Maka, interior di dalamnya masih baru, bahkan masih terbungkus. (jpnn/mp)



Loading...