Sejahterakan Lansia, Ini Yang Harus Dilakukan Pemkot Malang | Malang Post

Selasa, 19 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Rabu, 16 Okt 2019, dibaca : 378 , aim, sisca

MALANG - Pemkot Malang didorong untuk memiliki pondok lansia lebih menyeluruh di seluruh kecamatan dan dikembangkan fasilitasnya.
Agar dapat menampung mereka Lansia yang tidak beruntung lebih banyak lagi. Hal ini disampaikan Ketua Forkom Lansia Kota Malang Sulastri, siang tadi dalam Forum Koordinasi Komisi Daerah (Komda) Lansia  melakukan audiensi di Balai Kota Malang.
"Lansia tidak hanya butuh makan tapi juga ada kebutuhan lain, seperti sentuhan kemanusiaan," tegasnya.
Sulastri pun mengungkapkan perlunya perhatian lebih dalam hal anggaran yang dapat dikonsenkan terhadap kelompok lansia.
Salah satunya alokasi 5 persen APBD yang disalurkan ke tiap-tiap kelurahan. Hal ini diminta untuk diberikan atau dialokasikan pada kepentingan peningkatan kesejahteraan lansia.
" Kami siap menyambut APBD 5 persen untuk kelurahan dialokasikan para lansia dan juga dilibatkan dalam Musrenbang. Agar pembangunan  tidak terpaku pada pembangunan fisik saja tapi juga pada manusianya," tegasnya.
 Kota Malang menurutnya, juga harus menjadi kota yang ramah untuk Lansia. Karena hal ini sudah tertuang dalam amanat Perda No 13 tahun 2015.
 Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edy Jarwoko menegaskan ada 5 hal penting dalam memperhatikan para lansia diantaranya adalah identifikasi potensi yang dimiliki para lansia yang mecakup sejumlah aspek,  diantaranya aspek hukum, kesehatan pendidikan dan kesejahteraan.
"Forum ini sangat penting untuk menentukan langkah-langkah strategis  mewujudkan program yang telah dirancang salah satunya dengan memberi bekal keterampilan sesuai dengan kemampuannya. Yang pada akhirnya dapat mewujudkan Kota Malang sebagai kota ramah Lansia," pungkasnya. (ica/aim) Sementara itu Kepala Barenlitbang Kota Malang, Dwi Rahayu dalam forum tersebut juga mengatakan, bahwa penanganan lansia sudah menjadi perhatian Pemkot dengan melibatkan mereka dalam RPJMD tematik.

Dimana didalamnya terdapat sejumlah program dan anggaran yang telah ditetapkan melalui APBD dan para lansia ini anggaranya melekat pada dinas sosial dan dinas kesehatan.

Pihaknya berharap, dalam forum lansia mendapatkan masukan dari perwakilan 5 Kecamatan dan komunitas, sehingga kota ramah Lansia di kota malang dapat segera terwujud. (ica)



Loading...