Traffic Light Terkoneksi ATCS

Jumat, 18 Oktober 2019

Minggu, 22 Sep 2019, dibaca : 1497 , vandri, amanda

MALANG - Traffic light milik Pemprov Jatim yang berada di wilayah Kota Malang dikoneksikan dengan Area Traffic Control System (ATCS). Tujuannya untuk memudahkan pengaturan arus lalu lintas (lalin). Sementara itu Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang memperbarui traffic light di beberapa titik.
Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto memasang target bulan ini pemasangan ATCS dynamic akan dilakukan di pertigaan Puntodewo dan perempatan Kesatrian. Pengadaan fasilitas umum tersebut saat ini telah selesai dilelang.
"Minggu lalu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dishub sudah tanda tangan kontrak dengan pemenang lelang. Mudah-mudahan segera terlaksana," jelasnya.
Selain di kawasan tersebut, ada dua titik lain yang akan dipasang ATCS. Yakni di kawasan pertigaan Dinoyo dan pertigaan kawasan Soekarno-Hatta. "Namun, karena status jalan tersebut milik provinsi, maka akan dilaksanakan oleh Dishub Provinsi Jawa Timur melalui APBD Provinsi Jawa Timur," terang Handi.
Dishub Kota Malang telah meminta Dishub Jatim agar koneksikan servernya diakses ke CC room yang ada di  Kota Malang. Sehingga bisa dikoneksikan dengan ATCS Kota Malang.
“Dishub Jatim sudah setuju. Kami menyiapkan penambahan ruangan untuk tempat kontrol dan server dengan memperbesar CC room dishub,” jelasnya.
Handi menambahkan, pengadaan sarana pengatur lalin  bekerjasama dengan Tim Pengawal, Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang.  "Kami memimta pendampingan agar seluruh proses mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan tidak melenceng dari koridor dan regulasi yang ada," ujar dia.
Sembari menunggu proses pemasangan ATCS, Dishub Kota Malang secara rutin terus melakukan perawatan terhadap traffic light.  Seperti yang dilakukan di Jalan Ranugrati dan Plaosan yang dilakukan belum lama ini. (tea/van)  



Loading...