Tukang Becak Klojen Ternyata Spesialis Curanmor

Selasa, 22 Oktober 2019

  Follow Us

Rabu, 18 Sep 2019, dibaca : 2409 , halim, fino

MALANG – Polres Malang Kota mengamankan Suji, 46, warga Sukoharjo Kecamatan Klojen, yang disinyalir menjadi dalang pencurian sepeda motor di wilayah Kota Malang. Dia dibekuk dengan barang bukti 40 sepeda motor. Dia merupakan bagian dari jaringan curanmor yang selama ini meresahkan warga Malang Kota.
Dari informasi yang dihimpun, peristiwa penangkapan terhadap pria yang kesehariannya adalah tukang becak ini, terjadi pada akhir Agustus 2019 lalu. Berawal dari laporan dari Wahyudi, 29, warga Muharto yang kehilangan motor pada akhir Agustus, jajaran Polres Makota Polsek Klojen, melakukan penyelidikan terhadap kasus ini.
Dari hasil penyelidikan, polisi mendeteksi sosok Suji di kawasan Jalan Ahmad Yani Kepanjen Kabupaten Malang. Dia lalu dibekuk sekitar pukul 12.00 pada 28 Agustus 2019 lalu. Pelaku langsung digelandang ke kantor polisi untuk menjalani pemeriksaan. Hasil pengembangan, Suji telah mencuri 40 kendaraan.
Pasalnya, polisi berhasil mengamankan 27 kendaraan bermotor dengan nilai sekitar Rp 133 juta. Lalu, tiga kendaraan diamankan dari kawasan Blimbing, dengan nilai Rp 21 juta, serta 10 kendaraan yang diamankan dari penadah, bernilai sekitar Rp 55 juta. Kerugian total para korban adalah Rp 209 juta.
“Saat diamankan, kami juga menyita sekitar 10 kendaraan dari penadah yang menerima barang curian dari tersangka S. Kerugian korban mencapai Rp 209 juta,” ujar Kapolsek Klojen, Kompol Budi Harianto saat mendampingi Kapolres Makota AKBP Dony Alexander.
Saat diamankan, polisi menyita barang bukti lain. Yakni satu buah kunci T, uang tunai Rp 330 ribu, serta dompet. Menurut Budi, modus operandi dari Suji adalah merusak rumah kunci dengan letter T. Hanya saja, modus utamanya tidak pernah mengincar pemilik yang awas dan waspada. Dia hanya mengincar motor yang penggunanya lengah.
Kasus ini, ditangani oleh Polsek Klojen dan Satreskrim Polres Malang Kota. Karena diduga kuat ada jaringan besar yang terlibat dalam kejahatan Suji. “Pengembangan masih dilakukan, setidaknya ada tiga DPO yang diduga kuat menjadi komplotan pencurian kendaraan bermotor ini,” tutup Budi.
Suji harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di mata hukum. Dia dikenai pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara.(fin/lim)



Minggu, 20 Okt 2019

Jual HP di Facebook Ditangkap

Loading...