Warga Banjarejo Beli Sembako Dengan Sampah | Malang Post

Jumat, 13 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 19 Nov 2019, dibaca : 405 , Mahmudi, Ravika

MALANG – Tidak semua sampah merupakan barang kotor yang harus di buang. Tapi banyak sampah yang memiliki nilai ekonomis. Bahkan, jika dikumpulkan sampah tersebut bisa dibelikan sembako. Seperti di Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Di desa itu sampah menjadi pengganti uang untuk pembelian sembako.
”Sudah lama ini diterapkan. Dan Alhamdulillah warga sangat antusias. Mereka menukarkan sampah dengan sembako,’’ kata Muslikah pengurus Bank Sampah Desa Banjarejo.
Dia mengatakan, sampah yang menjadi pengganti uang untuk pembelian sembako adalah sampah yang dapat di daur ulang. Diantaranya sampah plastik, sampah kertas dan lainnya.
”Kalau ditempat lain bentuknya bisa macam-macam. Sampah plastik bisa dikumpulkan dan dikembalikan ke masyarakat berbentuk tabungan. Tapi disini, kami menerapkan seperti ini,’’ ujarnya.
Muslikah menjelaskan, menerapkan pembelian sembako menggunakan sampah untuk mengajak warga untuk selalu menjaga kebersihan. Menurut Muslikah, sampah merupakan momok bagi masyarakat. Terlebih di Desa Banjarejo tidak memiliki tempat pembuangan sampah yang representatif. Sehingga banyak warga dulu membuang sampah sembarangan.
”Dari kondisi tersebut, kemudian kami mulai melakukan inovasi, dengan membuat bank sampah,’’ ungkapnya.
Tapi, tidak banyak warga yang paham dengan bank sampah. Sehingga Muslikah dan pengurus bank sampah membuat sesuatu yang lain. Yaitu warga dapat mengumpulkan sampah dan menukarkannya dengan sembako. ”Ini mulai dilirik masyarakat. Banyak warga mengumpulkan sampah plastik atau kardus, kemudian ke sini untuk menukarkan dengan sembako,’’ kata Muslikah seraya menambahkan di bank sampah yang dikelolanya sembako yang disediakan mulai dari beras, gula, telur dan minyak goreng.
Saat ini, kata Muslikah, bank sampah yang dikelolanya memiliki lebih dari 100 anggota. ”Sampah yang dikumpulkan warga, ada yang mengambil, dan uang dari penjualan sampah itu kami belikan sembako,’’ tandasnya. (ira/udi)



Loading...