Wisata Boon Pring Raih Penghargaan ISTA 2019

Selasa, 22 Oktober 2019

  Follow Us

Sabtu, 28 Sep 2019, dibaca : 558 , udi, ira

MALANG - Wana Wisata Boon Pring di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen mendapat penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) 2019 dari Kementerian Pariwisata. Tempat wisata ini mendapatkan penghargaan Green Bronze untuk kategori manfaat ekonomi.
Penghargaan tersebut diterima Kepala Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, H Mohammad Subur didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabudayaan Kabupaten Malang dan Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi Wisata Disparbud Kabupaten Malang Lani Massuro, saat malam Penganugerahan ISTA 2019 di  The Ritz Carlton Pacific Place Hotel Jakarta, Kamis (26/9) lalu.
ISTA merupakan Penghargaan Pariwisata Berkelanjutan Indonesia, yang memprioritaskan wisata hijau. Ada empat kategori untuk penghargaan tersebut. Yakni Tata Kelola Destinasi, Manfaat Ekonomi, Pelestarian Budaya dan Pelestarian Lingkungan.
"Sebelum mendapatkan penghargaan ini, tim dari Kementrian Pariwisata lebih dulu melakukan penilaian. Alhamdulillah, kami memperoleh Green Bronze untuk kategori manfaat ekonomi," kata Subur.
Menurut Subur, Destinasi Wisata Boon Pring telah mengubah mindset masyarakat Desa Sanankerto. Yakni dalam hal menjaga agar tetap lestari dan mensejahterakan masyarakat sekitarnya.
Terkait dengan perolehan penghargaan tersebut, Subur mengucapkan terima kasih, terutama kepada Bupati Malang H.M Sanusi dan Kepala Disparbud Kabupaten Malang yang sudah memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan pariwisata Boon Pring. Selain itu ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang, Dinas Bina Marga, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, dan seluruh masyarakat Kabupaten Malang. "Terima kasih untuk Menteri Pariwisata Bapak Arief Yahya, Gubernur Jatim dan Kadisbudpar Provinsi Jatim. Salam Konservasi," serunya.
Sementara itu, Kepala Disparbud Kabupaten Malang Dr Made Arya Wedanthara SH MSi yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada masyarakat desa wisata Boonpring Sanankerto, Kecamatan  Turen dan Ngadirejo Jabung. "Karena kegigihannya merintis dan konsisten, sehingga sampai mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari Menteri Pariwisata," ujarnya.
Made berharap, penghargaan itu menjadikan motivasi kepada desa wisata lainnya, sehingga pariwisata di Kabupaten Malang benar-benar menjadi unggulan di kancah Nasional.
Selain Wana Wisata Boon Pring, penghargaan juga diterima Kelompok Sadar Wisata (PokDarWis) Dukung Alas Lestari Desa Ngadirejoan Kecamatan Jabung. PokDarWis ini mendapatkan juara IV untuk kategori Mandiri.
Kepala Bidang Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi Wisata Disparbud Kabupaten Malang Lani Massuro, mengatakan untuk apresiasi PokDarWis ada dua kategori. Yakni PokDarWis Mandiri dan PokDarwis Berkembang. "PokDarWis Dukung Alas Lestari Desa Ngadirejoan, Kecamatan Jabung mendapatkan penghargaan untuk PokDarwis Mandiri," kata Lani.
Sama seperti Kepala Disparbud, Lanid berharap penghargaan yang diterima dapat memberikan motivasi. Tidak hanya PokDarWis Dukung Alas Lestari tapi juga PokDarWis lain di Kabupaten Malang. (ira/udi)



Loading...