Peninggalan Dikemas Unik dan Menarik


BATU - Menilik sejarah berdirinya Indonesia, ada baiknya berkunjung ke Museum De Topeng Kingdom yang berada di kawasan Museum Angkut Kota Batu. Di Museum ini banyak artefak yang berhubungan langsung dengan sejarah Republik Indonesia.
Mulai dari adanya naskah kuno bertuliskan Arab Pegon yang dilengkapi gambar pewayangan yang mengisahkan bagaimana sejarah perkembangan di Indonesia. Berbagai artefak lain yang mengisahkan sejarah Indonesia mulai dari jaman kerajaan hingga Islam masuk ke Nusantara tersaji lengkap di objek wisata ini.
Termasuk terdapat koleksi kitab suci Al Qur'an kuno terpajang rapi di lemari kaca. Al Qur'an ini dibuat di zaman Wali Songo dan diyakini peninggalan Sunan Kalijaga. “Banyak artefak lain yang kita miliki seperti bermacam keramik bertuliskan kaligrafi Arab hingga keramik peninggalan Dinasti Ming, “ ujar Reso Halsamer, Founder De Topeng Kingdom.
Semua peninggalan ini dikemas unik dan menarik, hingga bisa dinikmati oleh wisatawan. Obyek wisata ini cocok untuk dijadikan wahana pendidikan sejarah untuk anak-anak sekolah. Karena semua tersaji lengkap sesuai dengan periodisasi serta asal artefak tersebut dibuat.
Di tempat ini juga terdapat banyak sekali topeng berbagai jenis dan tempat pembuatan. Mulai dari topeng Malangan hingga Kalimantan dan Papua. Ada sebuah topeng istimewa  yang divat menggunakan lima lapisan berbahan perada atau sejenis tepung yang berwarna keemasan dan perak.
Topeng ini ditemukan disekitar Candi Borobudur. Reso yang kini juga mendirikan Indonesian Islamic Art Museum di Lamongan ini mengatakan bahwa di tempat ini juga terdapat berbagai jenis patung, salah satunya adalah patung Tao Tao dari Sulawesi.
Patung ini dipercaya sebagai patung penjaga makam yang dianggap warga setempat patung yang sakral dan memiliki kekuatan magis. Selain itu patung ini sudah sangat tua dan hanya ada di museum ini. (dan/mar)

Berita Terkait

Malang Hari ini

loading...