Menguat, Empat Nama Pengganti Arief

MALANG – Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tak mau membiarkan kursi Ketua DPRD Kota Malang kosong. Pasca mundurnya M. Arief Wicaksono, DPC PDI Perjuangan Kota Malang akan mengajukan nama pengganti ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Ada empat nama calon ketua dewan yang menguat.
”Dalam waktu yang tidak lama kami akan melakukan proses internal, untuk mengajukan nama untuk ketua yang baru,’’ kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari.
Sri Untari menyebutkan, pihaknya mengajukan nama itu ke DPP karena sesuai syarat. Bahkan untuk pergantian jabatan ketua wajib mendapatkan rekomendasi DPP Partai. Harapannya, prosesnya bisa cepat, sehingga kursi ketua dewan tidak lama kosong.
”Nama-nama yang ada di fraksi nanti akan kami pilih. Kemudian kami ajukan ke DPP, keputusannya pun menunggu DPP,’’ ucapnya.

Untari mengaku, pihaknya ingin proses ini cepat. Karena selain agar jabatan ketua dewan tidak kosong, proses yang cepat ini juga agar penyelenggaraan Pemerintahan Kota Malang tidak terganggu. Terlebih saat ini, sedang ada pembahasan APBD P tahun 2017.
Ditanya nama-nama yang dipilih untuk diajukan ke DPP? Untari mengatakan belum.  Itu karena pihaknya masih melakukan pembahasan internal.  Sementara beberapa sumber Malang Post menyebutkan Abdul Hakim sebagai Ketua DPRD Kota Malang  menggantikan Arief.
Nama Abdul Hakim  dipilih, karena selain dia jabatannya sebagai sekretaris DPC PDI Perjuangan, dia juga sangat loyal dengan partai. Terlebih selama menjadi anggota dewan, Hakim menunjukkan kinerjanya dengan baik. Hubungan dengan konstituennya pun baik.

”Kalau ditanya peluang, pak Hakim sangat berpeluang. Selama ini dia tidak memiliki catatan buruk, dan kinerjanya sangat baik,’’ ucapnya.
Suara lain menyebut Suprapto, yang akan menggantikan Arief. Suprapto merupakan Ketua Fraksi PDI Perjuangan.  Nama Ec RB Priyatmoko Oetomo yang memiliki peluang besar menggantikan Arief. Mantan Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini, berpeluang karena merupakan kader senior. Serta Arif Hermanto, Ketua PAC PDI-P Kedungkandang, ia kader muda partai, yang kini tengah naik haji.
Ditanya empat nama tersebut, Untari kembali menjawab belum. Menurutnya semua terkait pergantian ketua dewan masih dibahas internal. Selain bursa ketua dewan, Untari juga menolak keras jika peristiwa penggeledahan KPK di Kota Malang berujung penetapan Arief sebagai tersangka menurunkan elektabilitas dan popularitas PDI Perjuangan.
Sebaliknya dia sangat yakin elektabilitas PDI Perjuangan Kota Malang tetap tinggi. Kepercayaan publik terhadap partainya akan tetap tinggi. Apalagi PDI Perjuangan merespon penegakan hukum yang disangkakan KPK.
”Kami pro aktif dalam penegakan hukum. Inilah yang membuat kami yakin elektabilitas partai tetap baik dan tidak berkurang sama sekali,’’ katanya.
Untari juga mengatakan, jika partainya sangat mendukung penegakan hukum yang disangkakan KPK terhadap kader partainya. Tapi demikian, azas praduga tak bersalah tetap  harus dihormati,’’ tandas Untari.(ira/ary)

Malang Hari ini

loading...