Malang Post

Hore ! Bisa Coba Alat Tes Psikologi Sepuasnya

Share
MALANG - Belasan alat laboratorium psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) dipamerkan di Gedung Megawati Sukarno Putri UIN Maliki kemarin. Bukan hanya dipajang, alat yang belum banyak dikenal masyarakat itu juga boleh dicoba untuk mengetahui kondisi psikologis pengunjung.
Alat yang dipamerkan antara lain Reaction Time Bunyi, Mirror Drawing Manual, Finger Dexterity, Depth Perception , Steadiness Test, dan Ilusi Muller Lyer. Salah satu alat yang banyak dicoba pengunjung kemarin adalah tes Steadiness Tester .
Alat ini digunakan untuk  menguji  stabilitas tangan dan digunakan untuk mengukur kemampuan motorik halus seseorang. Selain itu alat ini juga berfungsi untuk mengetahui  kemampuan mengarahkan gerakan tangan, tingkat gemetar (tremor), presisi, dan kecepatan gerakan tangan atau lengan serta ketangkasan jari.
Dalam sebuah penelitian alat tes psikologi Steadiness Tester memiliki tujuan untuk mengetaui efek yang ditimbulkan dalam stress, kegelisahan, kelelahan, konsumsi bahan kimia (kafein, alcohol, narkotika), usia lanjut yang berpengaruh terhadap stabilitas tangan dan motorik halus.
Dalam mengoperasikan alat tes psikologi Steadiness Tester, subjek diminta memegang stylush dan menggerakannya ke samping pada lintasan lurus yang menyempit. Saat subjek mengerjakan tugasnya, alat ini akan mencatat secara otomatis lamanya waktu dan jumlah error yang terjadi setiap kali lintasan tersentuh oleh stylush.
“Saya penasaran dengan alat-alat yang dipamerkan, ternyata mengasyikkan sekali mencoba berbagai macam alat ini. Karena bisa tahu kondisi psikologis saya,” ujar Khoirun Nissa salah satu pengunjung pameran.
Pameran alat eksperimen psikologi yang hanya digelar kemarin itu menarik antusiasme pengunjung. Pengunjung tampak antri untuk melakukan tes. “Pameran ini baru pertama kali kami gelar. Biasanya alat-alat ini hanya digunakan di laboratorium saja. Kami ingin masyarakat lebih memahami saja bahwa jurusan psikologi tidak hanya fokus pada tes tulis psikologi saja tetapi juga memiliki alat tes,” ujar Fuji Astusik Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Psikologi UIN.
Ia menambahkan, pameran alat eksperimen psikologi merupakan pembukaan Festival Psikologi yang akan digelar 1-30 Nopember 2012 mendatang. “Kami berharap dengan adanya festival ini masyarakat akan lebih mengenal jurusan psikologi UIN Maliki,” pungkas Fuji. (nin/eno)
comments

This content has been locked. You can no longer post any comment.