Malang Post

UM Himpun Data Alumni Lewat Tracer Study

Share
MALANG - Universitas Negeri Malang (UM) telah merampungkan penelusuran alumni melalui program Tracer Study. Program Hibah Ditjen Dikti tahun 2012 tersebut dilaksanakan untuk menjaring data alumni tahun 2009, 2010 dan 2011. Rencananya data yang dihimpun akan dipaparkan di hadapan para ketua jurusan dan program studi (prodi) di UM hari ini. Sebagai tindak lanjutnya, dalam waktu dekat akan dilaksanakan Job Fair untuk mewadahi alumni agar lebih cepat terserap ke dunia kerja.
”Target awal kami harapkan 50 persen alumni bisa terlibat dalam tracer study 2012, namun ternyata baru 15 persen saja yang merespon,” ungkap Tim Tracer Study UM, Ahmad Fahmi ST MT.
Tracer study yang pertama ini melibatkan sebanyak 11.521orang lulusan tiga tahun terakhir. Hanya saja yang telah memberikan respon per 7 Desember 2012 baru sebanyak1.645 orang. Kendalanya di antaranya ada alumni yang alamat email dan nomor handphone nya tidak aktif.
Meski data yang dihimpun belum mewakili kondisi alumni, namun setidaknya bisa menjadi gambaran bagi fakultas. Terutama untuk menentukan kebijakan pengembangan program studi ke depan. Misalnya saja mengenai data alumni di tiap fakultas. Seperti data masa tunggu alumni, jenis pekerjaan, gaji alumni dan informasi lainnya.
”Tracer Study ini juga menjadi masukan terhadap model pembelajaran yang disampaikan dosen, karena ada juga kolom evaluasi pembelajaran,” bebernya.
Data yang berhasil dihimpun tim tracer study UM diantaranya 54 persen lulusan UM langsung bekerja setelah lulus. Rentang gaji pertama antara Rp 500 Ribu sampai Rp 1 Juta menduduki rangking paling tinggi dengan prosentase 54 persen. Selain itu 51 persen lulusan adalah bekerja menjadi guru. Selain itu informasi bursa kerja sangat dibutuhkan oleh alumni sehingga tidak ada lagi lulusan UM yang menganggur. Dari data awal yang dihimpun sebanyak 15 persen alumni UM masih belum bekerja hingga satu tahun setelah lulus.
Lebih jauh Dosen Teknik elektro UM ini menuturkan tracer study ini dilaksanakan untuk menjaring informasi/masukan dari alumni sebagai salah satu dasar yang sangat penting bagi evaluasi dan pengembangan UM, Fakultas dan prodi dalam bidang kurikulum, proses pembelajaran, sarana prasarana, dan pelayanan. Survey alumni atau survey "follow up" adalah studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi). Studi ini mampu menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi yang bersangkutan.
Tracer Study UM bermanfaat dalam menyediakan informasi penting mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja profesional, menilai relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi pemangku kepentingan (stakeholders), dan kelengkapan persyaratan bagi akreditasi pendidikan tinggi.
Tracer Study dilaksanakan untuk memperoleh informasi berharga bagi pengembangan UM, mengevaluasi relevansi pendidikan di UM, menyediakan data-data bagi proses akreditasi di masing-masing prodi/jurusan di UM, menyediakan informasi bagi mahasiswa, orang tua, dosen, dan para pimpinan UM.
Manfaat dari Tracer Study adalah memperoleh informasi pekerjaan, sinyal pasar, kesuksesan/keprofesionalan, akan memperoleh informasi kompetensi dan persaingan kerja, memperoleh informasi penialian retrospektif/evaluasi studi, memperoleh informasi pengembangan kurikulum, memperoleh informasi pemebalajaran lanjut (kebutuhan & pasar), memperoleh informasi jejaring, bank data alumni, memperoleh informasi evaluasi prodi/jurusan dari alumni, memperoleh informasi penjaminan kualitas dari alumni utk prodi/jurusan, memperoleh informasi untuk kepentingan akriditasi prodi/jurusan/fakultas di UM
Pada prinsipnya, borang online Tracer study UM ini dapat diisi oleh alumni/lulusan secara langsung di laman http://tracer.um.ac.id . Dengan memanfaatkan data lulusan yang sudah ada, UM memberi fasilitas pengisian tracer study secara langsung oleh lulusan UM di laman yang telah disiapkan.
Sedangkan pimpinan UM dapat memantau proses pengisian, mengunduh hasil tracer study, serta melihat laporan analisis hasil tracer study, setelah memasukkan PIN/Password terlebih dahulu. Agar dapat mengisi tracer study, diperlukan informasi PIN/Password bagi setiap lulusan. PIN/Password disampaikan/diberitahukan kepada alumni UM melalui E-mail dan Short Message Service (SMS).
Tanpa informasi PIN, pengunjung, baik lulusan atau bukan, tidak dapat mengisi tracer study yang tersimpan di server TIK-UM. Borang online Tracer study UM hanya disebarkan untuk alumni yang telah lulus 3 tahun terakhir. (oci/adv)
comments

This content has been locked. You can no longer post any comment.