Batik Baron Solo Lagganan Pejabat

MALANG – Indonesia memang terkenal dengan kerajinan batik yang beranekaragam motif dan corak khas daerah masing–masing. Saat ini, banyak konsumen yang memburu batik tulis baron khas Solo untuk acara resmi
Owner Wisma Batik, Ira Sandra mengungkapkan, batik tulis baron mempunyai beberapa jenis bahan seperti katun dan sutra. Menurutnya, perawatan batik dari katun lumayan sulit. Karena, kalau terlalu lama terkena sinar matahari warnanya akan cepet pudar. Sedangkan, batik dari sutra harganya sepadan dengan kualitas.
“Karena memang pengerjaan batik tulis baron memakan waktu yang lama, sekitar 2 sampai 3 bulan. Oleh karena itu harganya lumayan mahal,” tuturnya.
Karena itu, sebagian besar konsumen toko yang berada di Jl. Jendral Basuki Rachmad No. 18 C itu didominasi kalangan menengah, ada pejabat, pengusaha hingga pegawai yang memang mencari batik untuk acara resmi. “Memang sekarang semua pegawai negeri harus diwajibkan memakai batik,” beber dia pada Malang Post.
Dia  menjelaskan, batik tulis baron khas Solo mempunya keunggulan dari segi motif dan coraknya berbeda dengan motif lain, disesuaikan dengan kebudayaan di sana. “Motif batik baron kebanyakan bunga–bunga, wayang, dan burung–burung,” terangnya.
“Harga batik baron dari bahan semi sutra kami bandrol mulai Rp 400 ribu sampai di atas 4 jutaan. Kami hanya mengedepankan kualitas barang yang dijual disini,” lanjutnya.(mg12/han)