Ajari Pedagang Layani Konsumen dengan Senyum

MALANG – Sekitar 20 pelaku UMKM menghadiri pelatihan di Kantor Pusat Alfamart Cab. Malang, Singosari, kemarin.  Corporate Communication Regional Manager, PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. mengatakan, selain mendapat pelatihan mereka juga diajak untuk bermitra dengan Alfamart.
”Kami ajarkan mereka tentang bagaimana menangani para pelanggan dengan baik, dengan senyuman dan keramahan. Selain itu kita berikan mereka informasi mengenai produk-produk yang cepat laku berdasarkan pengamatan Alfamart,” jelas Faruq.
Tidak hanya itu, Alfamart juga memberikan pendampingan serta memberikan harga khusus untuk produk yang mereka sediakan untuk dijual di tempat masing-masing pelaku UMKM.  ”Kami juga memberikan masukan terkait pengelolaan usaha mereka,” jelas Faruq.
Setidaknya, lanjut Faruq, ada 10 produk yang sedang tren saat ini dan Alfamart akan terus memberikan up date terbaru perkembangan pasar kepada pelaku UMKM yang telah menjadi mitra.
Tidak hanya sekali ini saja, Alfamart juga akan memberikan pelatihan bagi para pengusaha yang berminat menjadi mitra. ”Tentu ini tidak yang pertama dan terakhir bagi Alfamart memberikan pelatihan bagi para pengusaha UMKM, pelatihan ini telah kita lakukan sebelumnya, dan ini akan ada dua hingga tiga bulan sekali,” jelas Faruq.
Sejauh ini sudah ada 6000 lebih toko di kota Malang dan Kabupaten yang bermitra dengan Alfamart. ”Kemitraan ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu dan telah terbukti berhasil,” terang dia.
Untuk menjadi mitra Alfamart cukup mudah. ”Yang penting harus mempunyai usaha dalam bentuk fisik terlebih dahulu, jadi bukan usaha online, mereka yang berminat bisa langsung mendatangi toko sentral terdekat,” jelasnya.
Modal minim tak jadi masalah sebab sasaran Alfamart  memang toko kelontong dan warung-warung yang ada di Malang dan sekitarnya. Pedagang bisa mengisi full tokonya dengan produk Alfamart. ”Bahkan jika pedagang hanya mengambil produk senilai Rp 25 ribu akan tetap kami kirim,” tegasnya.
Faruq mengungkapkan, pelatihan tersebut merupakan upaya Alfamart untuk membantu usaha sekaligus menjalin hubungan dengan para pedagang menengah ke bawah. ” Harapannya dengan adanya hal seperti ini bisa terjalin kerjasama yang baik antara Alfamart dengan UMKM yang ada di Malang,” terang dia.
Bedah toko juga dilakukan oleh Alfamart kepada para UMKM mitra mereka. ”Terhitung sudah ada 45 toko yang tersebar di Kota dan Kabupaten Malang,” tambah Faruq.
Bahkan pada beberapa peresmian bedah toko tersebut, Bupati Malang juga turut meresmikan. ”Salah satunya ada di Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang,” tutup Faruq. (mg11/han)