Hadiah Utama Dimenangkan Nasabah Gondanglegi

MALANG –Wajah semangat dan penuh senyum terpancar dari masyarakat yang mendatangi Rumah Makan Bojana Puri Kepanjen, Rabu (18/3/15) pagi kemarin. Sejak dari area parkir yang berada di sisi selatan area resto, mereka terlihat terburu-buru menuju area aula. Setelah di dalam, perbincangan terjadi, sembari melihat satu unit Nissan Grand Livina X-Gear yang berada di depan panggung.
 Tidak sampai 30 menit selepas pukul 08.30 WIB, aula sudah penuh dengan warga dan pembawa acara pun mulai menyapa. Mereka yang datang kemarin merupakan nasabah terpilih dari wilayah kerja BRI Malang Martadinata yang tersebar di Malang Raya. Nasabah diundang untuk menghadiri Penarikan Undian Simpedes Semester 2/2014, yang berhadiah utama mobil, sepeda motor dan LED TV.
“Bapak ibu semua sudah siap untuk mengetahui, siapa nasabah BRI yang beruntung dapat hadiah utama hari ini,” teriak pembawa acara menyapa semua nasabah.
Tak pelak, sapaan itu dijawab kompak semua nasabah. Ya, mereka memang menunggu momen enam bulanan ini. Hadiah utama pastinya yang paling ditunggu. “Semoga dapat mobil, siapa tahu sudah rezekinya,” tutur nasabah bernama Muslihatun dari BRI KCP Gondanglegi yang kemarin hadir.
Perempuan berkerudung ini tampak yakin bila mobil yang merupakan reward bagi nasabah mikro BRI ini akan jatuh ke wilayahnya. Sebab, diakuinya, banyak nasabah mikro di Gondanglegi dan beberapa kecamatan lain di kawasan Malang Selatan. “Bila periode sebelumnya pemenang dari Wagir, sekarang harus ke selatan,” imbuh dia.
Sesaat kemudian, rangkaian acara pun berjalan. Pengundian hadiah 45 LED TV berlanjut dengan 23 Yamaha Mio. Di sesi terakhir, pengundian Nissan Grand Livina X-Gear dilakukan di hadapan para saksi, mulai dari notaris, kepolisian, Dinas Sosial hingga perwakilan nasabah. Ternyata, seperti prediksi Muslihatun, hadiah utama akhirnya dimenangkan oleh nasabah dari Gondanglegi, meski bukan dirinya.
Pemimpin Cabang BRI Malang Martadinata, S.Hernowo menyampaikan undian ini berlaku bagi semua nasabah mikro BRI di bawah cabang Malang Martadinata yang terdiri dari 31 kantor unit kerja yang memiliki tabungan Simpedes. “Nasabah Simpedes, dengan jumlah saldo minimal Rp 100 ribu, otomatis mengikuti undian ini,” ujar dia.
Menurut Hernowo, sepanjang 2014 lalu, BRI menargetkan memiliki 200 ribu nasabah mikro. Angka ini, diakui oleh pria yang sebelumnya bertugas di Jakarta tersebut tercapai. “Potensi mikro sangat besar, terbukti dengan jumlah nasabah dan pertumbuhan yang kami alami,” sebutnya.
Dalam kesempatan kemarin dia menyampaikan, bila BRI menggoda masyarakat dengan program berupa hadiah, serta kemudahan bagi masyarakat kecil. Menurutnya, kini BRI memberikan kesempatan bula bagi pengusahan kecil untuk menjadi partner BRI dengan program BRIlink. “Nasabah yang memiliki usaha, mulai dari pedagang kelontong, penjual pulsa dan token listrik hingga pemilik bengkel bisa menjadi agen BRIlink,” beber dia.
Menurut dia, BRIlink merupakan usaha bank plat merah tersebut untuk mengaplikasikan branchless banking. Sehingga, nasabah cukup mendatangi agen BRIlink ketika ingin bertransaksi. “Terutama bagi nasabah yang jauh dari kantor BRI tetap mudah melakukan transaksi seperti menabung, menarik tunai dan membayar,” papar Hernowo.
Dia mengakui, tahun ini ia menargetkan 600 agen BRIlink di bawah lingkup kerjanya. Agen ini menyasar nasabah di wilayah Malang Selatan, yang sebagian besar berada di pelosok desa dan jauh dari kantor unit. “Agen ini memudahkan nasabah lain dan juga masyarakat. Banyak bertransaksi seperti menabung, menambah kesempatan mendapatkan hadiah utama undian Simpedes juga,” imbuh dia.
Pria ramah ini menyampaikan, semester pertama tahun ini, BRI Malang Martadinata kembali menyiapkan satu unit Grand Livina X-Gear, dua unit Yamahan Vixion dan 45 unit LED TV.(ley/han)