Beli Rumah, Pemerintah Beri Subsidi Rp4 Juta

JAKARTA - Pemerintah terus menggalakkan berbagai upaya untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan rumah. Hal tersebut, untuk mendukung program pembangunan satu juta rumah pada tahun ini. Salah satu upaya pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, adalah memberikan subsidi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan, bantuan subsidi yang akan diberikan mencapai Rp4 juta. Tidak hanya itu, Basuki menyebut, Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai penyedia fasilitas pinjaman, juga memberikan kemudahan bagi MBR dengan memberlakukan uang muka hanya sebesar satu persen untuk pembelian KPR.
Menurut Basuki, bantuan-bantuan tersebut akan dapat direalisasikan pada bulan April 2015. "Itu Rp4 juta berupa uang cash. Kemudian, juga ini yang DP satu persen bisa mengikuti itu. Positif April ini mulai," tutur Basuki di Pontianak, Minggu 22 Maret 2015.
Basuki mengungkapkan, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp220 miliar dari dana APBN-P 2015, untuk program tersebut. Dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan MBR dapat lebih mudah mendapatkan hunian layak, dan secara tidak langsung mendukung percepatan pembangunan satu juta rumah.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama BTN Marjono, mengatakan bahwa sebenarnya program uang muka satu persen sudah diluncurkan pada Maret 2015. Namun, dia menyebut program tersebut masih diproritaskan hanya untuk Rusunami (rumah susun sederhana milik). "Karena Rusunami ini perumahan yang betul-betul layak. Kemudian, kebutuhannya mendesak bagi masyarakat perkotaan dan bebas banjir," ujar Marjono. (jpnn/udi)