Target Sales Meningkat 40 Persen

MALANG – Penjualan otomotif roda empat yang tengah lesu di awal tahun ini, tidak mempengaruhi target penjualan Daihatsu Jolo Abadi Malang. Salah satu diler Daihatsu di Malang tersebut, menargetkan penjualan sebanyak 110 unit per bulan sepanjang 2015 ini.
Branch Manager Daihatsu Jolo Abadi Malang, AA Gede Wisnu Putra mengatakan, tahun ini dilernya mematok peningkatan di atas 40 persen. “Dari budgeting, kami mematok pertumbuhan lebih tinggi ketimbang tahun lalu sekitar 25 persen,” katanya.
Menurut dia, 2014 lalu dilernya mampu menjual sebanyak 80 unit per bulan. Angka tersebut membuat Daihatsu memiliki target lebih tinggi, sekalipun otomotif di tanah air tengah lesu. “Beberapa brand otomotif memang tengah mengalami penurunan sales. Namun, untuk Daihatsu sejak tiga bulan terakhir 2014 lalu sudah meningkat,” beber dia kepada Malang Post.
Wisnu mengakui, hal yang sama pun terjadi di tahun ini. Sebagai bukti, selama dua bulan pertama 2015 ini, dilernya mampu mencatat average penjualan 90 unit per bulan. “Peningkatan memang tipis, namun bila melihat tren otomotif saat ini, angka kami sangat bagus sudah tumbuh sekitar 14 persen,” imbuhnya.
Menurutnya, keoptimisan Jolo Abadi di tahun ini karena Daihatsu kini tidak hanya mengandalkan All New Xenia saja sebagai backbone penjualan. Sebab, seri pick up yakni Gran Max pun melesat penjualannya. Peningkatan sales seri tersebut naik 50 persen ketimbang average pencapaian di tahun lalu.
“Selain Xenia yang mampu menyumbang 35 persen penjualan, kini seri pick up bisa memberikan sumbangsih sekitar 30 persen. Diikuti dengan unit LCGC Ayla, sekitar 20 persen dan selanjutnya Terios serta Sirion,” urai dia panjang lebar.
Dia menuturkan, Daihatsu juga tertolong dengan dua seri terbaru untuk Terios dan Sirion. Menurutnya, dua  unit beda segmen tersebut, kini telah mendapatkan minor change, baik dari segi eksterior hingga interior mobil. “Dua bulan kemarin, Sirion juga mampu meningkat penjualannya mencapai 20 persen,” imbuhnya.
Wisnu mengungkapkan, secara keseluruhan share Daihatsu di wilayah Malang DSK (dan sekitarnya), rata-rata penjualan juga meningkat. Diakuinya, selama dua bulan pertama angka registrasi nomor polisi mencapai 443 nomor per bulan. Bila dibandingkan dengan periode yang sama 2014 lalu, registrasi hanya 380 unit saja.
Sementara itu, faktor lain yang membuat Wisnu optimis, mulai Mei mendatang, dilernya akan berpindah ke lokasi penjualan yang lebih strategis dan representative. “Kami akan berpindah ke Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, dengan area yang lebih luas. Makanya, target tahun ini pun meningkat ketimbang patokan tahun lalu,” pungkas Wisnu. (ley/han)