Andalan Honda di Segmen Motor Bebek

MALANG – PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki beberapa seri motor untuk menggoda pasar otomotif roda dua di tanah air. Salah satunya Supra Series yang merupakan backbone di kelas motor bebek (cub), yang disukai oleh pengendara dari berbagai usia, mulai dari anak muda hingga orang dewasa.
Supervisor Promosi MPM Malang-Blitar, Johnsen menyampaikan, Honda memiliki tiga seri motor cub. Mulai dari best seller Supra Series, New Revo FI Series dan New Blade Series. “Saat ini Honda memiliki tiga seri, yang semua sudah menggunakan teknologi injeksi. Termasuk Supra X 125 PGM FI,” ujarnya.
Menurut dia, Supra X 125 PGM FI yang dikenalkan di tahun lalu juga menggoda pecinta otomotif di Malang. Pasalnya, tampilan terbaru dari motor yang merupakan best seller pada 2005 tersebut, kini jauh lebih sporty. Selain itu, irit bahan bakar juga menjadi faktor yang tak kalah penting.
“Irit bahan bakar sudah pasti menjadi keunggulan Honda dengan teknologi full injeksi. Namun, model terbaru Supra X 125 PGM FI ini lebih ramping dan disukai oleh berbagai lapisan pengguna motor,” papar dia kepada Malang Post.
Johnsen menuturkan, penyegaran yang dilakukan Honda terbukti membuat performa Supra X 125 lebih mantap. Misalnya dengan tingkat keiritan bahan bakar mencapai 21 persen lebih irit ketimbang seri sebelumnya, dan memiliki tampilan tampilan maskulin dengan striping baru. “Anak muda, yang selama ini cenderung menyukai seri sport dan matik, kembali melirik model terbaru Supra Series,” tuturnya.
Dia menyampaikan, untuk tahun ini Supra X 125 PGM FI dibandrol mulai dari Rp 16 jutaan untuk tipe spoke wheel. Sementara untuk tipe custom wheel (CW), harganya di kisaran Rp 18 juta.
Johnsen merinci, seri ini memiliki tipe suspensi depan teleskpopik dan untuk suspensi belakang dengan lengan ayun sokbreker ganda yang akan membuat nyaman pengguna ketika berkendara. Mesin empat langkahnya, memiliki daya maksimum 9,63 PS per 7.500 rpm. Sementara, torsi maksimumnya mencapai 5.500 rpm.
Sementara itu terkait market di area Malang-Blitar, Supra Series memimpin penjualan Honda dan diikuti oleh New Revo FI Series selama dua bulan pertama 2015. Sumbangsih Supra Series sebesar 45 persen, diikuti sekitar 35 persen tipe New Revo series dan terakhir tipe New Honda Blade. “Secara nasional pun, Supra Series masih yang terbaik dan terjadi peningkatan ketimbang tahun lalu,” tegas dia.
Pangsa pasar Honda di segmen cub tercatat sebesar 36 ribu unit, dengan kontribusi Supra Series sebesar 17,6 ribu unit dan disusul dengan New Revo sebesar 15,3 ribu unit. Terakhir, New Honda Blade menyumbang penjualan sebesar 3000 unit. (ley/han)