843 Perusahaan Belum Daftar BPJS Kesehatan

MALANG – Masih banyak perusahaan atau badan usaha di Malang Raya yang belum memberikan jaminan kesehatan untuk karyawannya. Hal ini berdasarkan catatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Malang, yang mencatat sekitar 843 perusahaan di wilayah Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu.
“Hingga pertengahan Februari lalu, untuk Kabupaten Malang saja masih ada 613 perusahaan yang belum mendaftar BPJS Kesehatan,” ujar Kepala Unit Pemasaran BPJS Kesehatan Malang, Nur Faridah.
Dia menyampaikan, untuk Kota Malang ada sekitar 30 perusahaan. Sementara di Kota Batu, mencapai 200 perusahaan. Perempuan yang akrab disapa Ida ini menuturkan, data perusahaan ini merupakan yang sudah tercatat di Dinas Tenaga Kerja di tiga wilayah tersebut.
“Yang masih belum terdaftar juga banyak. Sebab, masih ada juga yang belum bisa dideteksi, misalkan belum memiliki surat izin usaha,” beber dia kepada Malang Post.
Selanjutnya dia merinci, di Kabupaten Malang, ada sekitar 25 ribu karyawan yang belum mendapatkan jaminan kesehatan tersebut. Padahal, kesehatan mereka sudah sepantasnya dijamin oleh perusahaan yang memanfaatkan tenaga karyawan. Sementara, untuk Kota Batu diakuinya mencapai lebih dari 16 ribu karyawan.
Menurut dia, BPJS Kesehatan sudah memberikan surat pemberitahuan kepada pemilik usaha untuk mendaftar. Pasalnya, selain bisa mendaftar secara pribadi, masyarakat bisa didaftarkan via perusahaan.
“Kami sudah mengirimkan surat kepada perusahaan itu. Peringatan agar segera mendaftar ke BPJS Kesehatan, bila tidak, akan ada risiko yang harus diterima. Mulai dari kena sanksi hingga Rp 1 miliar bagi pemberi kerja atau kurungan hingga 8 tahun,” papar dia panjang lebar.
Ida menyampaikan, BPJS sudah melakukan sosialisasi maksimal agar semua pemilik usaha taat. Misalnya dengan sosialisasi bersama walikota dan bupati hingga Dinas Sosial. Selain itu kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan juga dilakukan untuk mendata perusahaan yang mungkin belum terdata di BPJS Kesehatan.  (ley/han)

Perusahaan yang Belum Mendaftar ke BPJS Kesehatan
Daerah            Jumlah    Perusahaan    Jumlah Karyawan        
Kabupaten Malang     613 perusahaan     25 ribu    
Kota Malang        30 perusahaan         -
Kota Batu        200 perusahaan     16 ribu