Telkom Malang, Salurkan Rp 1,7 M untuk 71 UKM

MALANG – PT Telkom melalui Telkom Community Development Center (CDC) Malang kembali menyalurkan dana pinjaman untuk mitra binaan. Di Triwulan I tahun 2015, Telkom CDC Malang mengucurkan dana sebesar Rp 1,7 miliar. Bantuan ini disalurkan kepada 71 pengusaha kecil dan menengah dari berbagai jenis usaha yang menjadi Mitra Binaan Telkom CDC Malang.
“Kami menyalurkannya setiap triwulanan, hal ini juga dilakukan oleh kantor Witel lainnya di seluruh Indonesia, besarannyapun berbeda beda tergantung persetujuan kantor pusat,” kata ASMAN Telkom CDC Malang, Gatot Indra Susilo.
Gatot menambahkan, Telkom CDC Malang tidak hanya memberi pinjaman modal usaha, tapi juga bekal pelatihan, memfasilitasi untuk ikut pameran dan seminar secara cuma-cuma. Pada seremonial penyaluran dana pinjaman yang diselenggarakan di Aula Witel Malang Jalan Ahmad Yani, hadir 71 UKM yang telah disetujui pengajuan pinjamannya. Dalam kesempatan tersebut, GM Witel Malang Hendro Setyo Budi berpesan kepada para UKM Mitra Binaan agar dana pinjaman yang diterima dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan usaha.
“Jangan digunakan untuk hal-hal konsumtif, karena niat kami menyalurkan pinjaman modal ini memang untuk pengembangan usaha bapak ibu semua,” kata Hendro.
Dia juga berpesan, dalam proses pemasaran, mitra binaan tidak hanya menggunakan cara konvensional, tetapi juga memanfaatkan model pemasaran secara online. Agar produknya dikenal lebih luas, bahkan go international.
Sementara itu, Telkom CDC Malang telah melakukan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sejak triwulan I tahun 2001.Penyaluran dana bergulir ini merupakan wujud dari komitmen perusahaan untuk menjalankan peran Good Corporate Citizenship. Pada triwulan I tahun 2001, Telkom CDC Malang menyalurkan bantuan Rp 100 juta untuk 6 UKM. Namun seiring dengan meningkatnya profit perusahaan, dana bantuan terus bertambah. Memasuki tahun ke-15, sudah ada 2369 mitra binaan di Malang Raya dengan total dana pinjaman yang sudah disalurkan mencapai Rp 45 miliar. (nda/han)