Harris Target Okupansi 78 Persen

MALANG – Harris Hotel and Conventions Malang mencatatkan okupansi sebesar 75 persen sepanjang 2014 lalu. Angka ini merupakan raihan yang sangat baik di tahun kedua hotel itu beroperasi di tengah ketatnya persaingan hotel tahun lalu.
“Tahun lalu kami mengalami peningkatan okupansi bila dibandingkan 2013 yang masih dalam tahap perkenalan kepada tamu,” ujar Board of Director Harris Hotel and Conventions Malang, Erick Onggo Warsito ditemani Martin Onggo Warsito, Sabtu (28/3/15) lalu.
Menurutnya, selama 2014 hotel tersebut mampu menawarkan pengalaman hospitality yang berbeda dengan hotel lain. Mengusung konsep healthy lifestyle, hotel ini menjadi jujukan bagi tamu dari luar kota. Konsep sehat membuat tamu sangat tertarik dengan kenyamanan yang ditawarkan oleh hotel dengan 239 kamar tersebut.
“Padahal sejak awal tahun lalu hotel di Malang terimbas banyak hal yang melemahkan okupansi. Misal awal tahun ada Gunung Kelud meletus dan persiapan Pemilu yang membuat tamu dari luar kota harus menahan diri untuk berpergian dan di dua bulan terakhir terkendala peraturan pemerintah yang melarang PNS meeting di hotel,” papar dia panjang lebar.
Di 2015, menurut dia, hotel tidak terlalu banyak mematok peningkatan okupansi. Hanya 3 persen menjadi 78 persen. “Situasi terkini di sektor ekonomi masih naik turun dan diprediksi masih berpengaruh pada sektor pariwisata. Target aman ya naik tipis saja,” tambah dia.
Erick menuturkan,  untuk mencapai target manajemen mencoba memberikan peningkatan fasilitas. Misalnya sektor family entertainment yang segera digarap agar tamu tipe keluarga bisa tertarik. Tidak hanya datang dengan satu keluarga, namun keluarga besar dapat menikmati liburan karena adanya penawaran tersebut.
Sementara itu, Marketing Communication Manager Harris Hotel and Convention, Nicky Olivia menyampaikan, hotel di kawasan Riverside ini tampil lebih energik lagi. Dibuktikan dengan usungan tema tahun ini, Back to School. “Kata-kata ini untuk menunjukkan jiwa muda dan penuh semangat dari kami. Baik untuk menggapai target bisnis dan melayani tamu hotel,” urai Nicky.
Menurutnya, tema ini juga sebagai acuan sejak Maret 2015 ini yang berbarengan dengan ulang tahun ke 2 hotel yang memiliki Harrisimo Pizzeria tersebut. (ley/han)