Bulan Nikah, Perhiasan dan Jasa Foto Laris

MALANG – Medio April hingga Juni tahun ini yang dimanfaatkan masyarakat untuk melangsungkan pernikahan, turut mengatrol beberapa bisnis yang berhubungan dengan acara tersebut. Bisnis perhiasan hingga layanan fotografi untuk wedding mengalami peningkatan pemesanan sehingga menjadi berkah bagi pelaku bisnis tersebut di triwulan pertama 2015.
Owner Lintang Jingga Fotografi, Aryo Prihandono menyampaikan, dalam sejak awal Maret lalu permintaan foto bagi pasangan yang akan melaksanakan tunangan hingga pernikahan sangat besar. “Sebulan terakhir ini sangat banyak setelah dua bulan sebelumnya terhitung sepi,” ujarnya.
Menurut dia, momen pernikahan memang memiliki bulan tertentu. Sehingga, wajar bila bisnis fotografi, make up pengantin hingga perhiasan laris manis beberapa waktu terakhir. “Apalagi April dan Mei, pasti lebih ramai lagi. Saya sudah ada beberapa jadwal memotret pernikahan. Sedangkan bulan lalu memotret pre wedding-nya,” beber dia kepada Malang Post.
Sementara itu, hal yang sama juga berlaku bagi Logam Mulia Jewelry. Outlet perhiasan ini mengalami peningkatan pemesanan wedding ring sejak pertengahan Februari lalu dan paling terasa melonjak bulan Maret. “Customer biasanya memesan antara 1-2 bulan sebelum pernikahan berlangsung. Bila mau yang ready stock, ya dadakan tidak masalah,” ujar Manger Logam Mulia, Benny Hartono.
Dia mengakui, ketimbang Januari, peningkatan rata-rata 20 persen untuk Februari dan Maret. Sejak Januari lalu sebenarnya sudah mulai ada yang memesan, terutama bagi customer yang menginginkan hasil maksimal.
Sementara, bagi yang memesan dalam kurun sebulan terakhir, rata-rata mereka meminta model seperti yang sudah ada di outlet, namun tinggal menyesuaikan ukuran jarinya saja. Sedangkan untuk perhiasan lain, seperti kalung dan gelang customer tidak terlalu khawatir tanpa memesan terlebih dulu.
Untuk tipe perhiasan, Benny mengakui banyak yang meminta emas murni. Sementara untuk perhiasan bertabur batu berlian lebih sedikit karena harga dipastikan lebih mahal. “Biasanya, bila membeli emas murni di kisaran Rp 5 jutaan, dengan berlian maka budgetnya bisa lebih dari dua kali lipat. Bahkan bisa mencapai Rp 100 juta. Makanya emas murni masih dominan,” urai dia panjang lebar
Dia  memastikan permintaan akan tetap tinggi hingga pertengahan akhir April ini. Terbukti pula, bila medio April ini akan diselenggarakan Wedding Expo di Atria Hotel and Conference. “Momen ini untuk melayani pasangan yang membutuhkan perlengkapan pernikahan last minute. Berbagai produk untuk menunjang pernikahan lengkap dalam ekspo dan membawa koleksi terbaik,” bebernya.
Menurutnya, bagi pasangan yang akan melangsungkan momen pernikahan di bulan-bulan ini, ekspo wedding  tersebut sangat pas. “Begitu pula bila mereka masih merencanakan untuk 4-5 bulan lagi tinggal memilih penawaran produk yang menarik dan spesial,” tandas Benny. (ley/han)