Hotel Mulai Tinggalkan Low Season

MALANG – Triwulan pertama 2015 yang sepi bagi bisnis perhotelan, mulai mendapatkan secercah harapan medio April ini. Hal ini terjadi setelah hotel di Malang mulai mengalami peningkatan reservasi dari tamu awal bulan ini, terutama tipe family dan diprediksi akan bertambah kuantitasnya di pekan terakhir April ini.
Marketing Communication Manager Harris Hotel and Convention Malang, Nicky Olivia menyampaikan, April ini merupakan masa peralihan pasca tiga bulan low season. “Bulan ini termasuk saat pergantian dari sepi menjadi agak ramai. Walaupun perubahannya masih tipis,” ujarnya.
Menurutnya, semua hotel pasti mengalami hal yang sama bulan ini, apalagi di awal bulan yang telah terjadi long weekend. Selama sepekan pertama, catatan okupansi (tingkat keterisian kamar) terhitung tinggi. “Iyalah, libur panjang dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga. Makanya, catatan April ini membaik, apalagi di pekan pertama di kisaran 80 persen,” beber dia kepada Malang Post.
Dia menguungkapkan, month to date April ini di angka 50 persen. Jauh lebih baik ketimbang tiga bulan sebelumnya di kisaran 40 persen. Okupansi diyakini akan berada di kisaran 60-70 persen di bulan yang berbarengan pula dengan HUT Kota Malang ini.
“Ulang tahun Kota Malang juga turut berpengaruh dengan tingkat hunian. Sebab, sejak awal tahun banyak event untuk mendukung perayaan kota,” tambahnya.
Menurut dia, sudah ada reservasi tamu untuk menginap saat akhir bulan di hotel yang berada di kawasan Riverside tersebut. Tipe tamu cenderung keluarga, baik dari dalam dan luar negeri. “Ada beberapa tamu asing juga, sebab di beberapa negara sudah masa liburan musim panas seperti di Eropa. Malah pekan ini ada beberapa tamu Asia yang long stay,” urai Nicky panjang lebar.
Dia mengakui, Mei dipastikan sudah menjadi masa liburan dan memasuki high season bagi bisnis perhotelan sebelum terhenti periode Juni ketika bulan puasa tiba. Namun, tahun ini masih ada peluang pula di momen puasa, sebab berbarengan dengan masa liburan tengah tahun. “Pokoknya untuk April ini terakhir low season, tapi nggak rendah banget lah,” tegasnya.
Terpisah, Public Relation Manager Atria Hotel and Conference Kadek Ayu Ery Ratnawati pun mengakui hal serupa. Saat ini, tamu tengah ‘on the way’ untuk meramaikan lagi keterisian kamar hotel. “Masih dalam perjalanan mas, mereka reservasi untuk liburan. Akhir April dan Mei,” ujarnya.
Dia menuturkan, masa peralihan di April ini pun okupansi mulai membaik, tertolong banyaknya event sejak awal bulan. Seperti long weekend dan beberapa acara di Malang yang membuat tingkat kunjungan meningkat.
“Bulan ini pasti lebih dari 50 persen okupansinya. Sementara, bulan depan di atas 60 persen, reservasi dari tamu juga meningkat kuantitasnya,” sebut Kadek penuh keyakinan.
Dia mengakui, untuk tahun ini masa libur sekolah pasca ujian nasional yang akan membantu okupansi hotel dan dilanjutkan dengan liburan kenaikan kelas yang dipastikan akan mengundang tamu tipe keluarga hingga masa jelang puasa. (ley/han)