Mencicipi Gurihnya Ayam Kampung Khas Sragen

MALANG – Akhir pekan adalah waktu yang pas untuk jalan-jalan dan menikmati wisata kuliner. Bagi Anda penggemar olahan ayam kampong, tidak ada salahnya untuk segera menjajal kelezatan masakan di Resto Ayam Pakuan Malang. Pasalnya, kuliner dengan sensasi istimewa khas Sragen siap memanjakan lidah, dipadukan dengan olahan sambal yang tak kalah nikmat.
Direktur Resto Ayam Pakuan Malang, Ari Kurniawan menuturkan, bisnis kuliner waralaba ini berasala dari Sragen, Jawa Tengah. Sehingga, dia memastikan bila rasa pasti berbeda dengan lokasi kuliner lainnya.
“Kami mengandalkan ayam dan bumbu khas tempat bisnis ini bermula untuk menarik pecinta kuliner,” tuturnya.
Menurut Ari, Ayam Pakuan yang hadir sejak Oktober tahun lalu ini, mengandalkan olahan ayam kampung. Sesuai dengan tagline resto tersebut ‘Rajanya Ayam Kampung’, berbagai macam pilihan masakan ayam kampung bisa dipilih di resto yang beralamat di Jalan Bendungan Sigura 42-44 Malang ini. Misalnya Ayam Bakar Pakuan, Ayam Bakar Geprek, dan Ayam Bakar Goreng.
Bisa memilih menu  ayam per potong maupun per ekor. Untuk satu paket Ayam Goreng Pakuan harganya hanya Rp 18.000 dan sudah mendapatkan satu porsi nasi putih.  Bila memilih olahan per ekor, mulai dari Rp 50 ribu untuk pilihan Ayam Goreng pakuan.
“Harganya sangat murah kok. Cocok untuk berbagai kalangan, baik untuk makan siang, makan malam maupun pemesanan untuk acara,” terang Ari kepada Malang Post.
Dia menyampaikan, olahan Ayam Pakuan ini dipadukan dengan aneka pilihan sambal. Misalnya sambal korek yang cocok disandingkan dengan olahan ayam goreng, ada juga sambal kecap dan sambal bawang.  Sementara itu, untuk menu lainnya seperti olahan gurame, nila dan sup iga. “Masih ada juga sayuran seperti cah kangkung, cah kacang dan cah tauge agar makan semakin nikmat,” urai dia panjang lebar.
Ari menjelaskan, Ayam Pakuan juga menerima pemesanan nasi kotak. Pilihan menunya reguler dengan harga Rp 18.000, medium dengan bandrol Rp 20.000 dan premium dengan harga Rp 22.000. “Misalnya untuk acara seminar, ulang tahun atau syukuran, bisa memesan di tempat kami,” jelasnya.
Dia menyebutkan, resto tersebut juga menerima layanan delivery order yang membuat pelayanan semakin istimewa. Sehingga, masyarakat tidak perlu repot untuk datang ke resto bila memesan dalam jumlah banyak. “Kami juga melayani pemesanan untuk wisuda, rapat, lunch box, ulang tahun hingga katering,” tambahnya.
Sementara itu untuk fasilitas di resto, menyediakan beberapa pilihan ruangan. Mulai dari VIP room dengan kapasitas 15 orang, workshop room dengan kapasitas mencapai 54 orang serta area gazebo. “Biasanya, untuk syukuran ulang tahun, bisa memilih area gazebo,” tegas Ari. (ley/oci)