Showroom Even Efektif Gairahkan Sales Otomotif

MALANG – Diler otomotif memiliki beragam program sales untuk meningkatkan penjualannya. Salah satunya berupa showroom event yang kini mulai intens dijalankan oleh diler, sebab memiliki pengaruh yang signifikan dalam mengenalkan produk serta menaikkan permintaan otomotif.
Supervisor Datsun, Bayu Luberizky menuturkan, showroom event menjadi satu dari sekian banyak promosi. Program ini sangat efektif untuk meningkatkan sales, terutama ketika pasar otomotif masih terhitung lesu di awal tahun ini. “Kami memiliki beragam cara untuk sales. Mulai pameran, buka showroom baru, hingga showroom event yang kini makin sering digelar,” tuturnya.
Menurut dia, menggelar promo di diler memiliki keunggulan dalam hal komunikasi dengan customer. Pasalnya, marketing akan mengetahui customer paling prospektif yang akan mendapatkan follow up lebih intens. “Namun, sebagian besar yang datang ke showroom event pasti serius untuk berburu mobil sesuai dengan diler yang didatangi. Berbeda ketika pameran, banyak yang masih pilih-pilih,” papar dia kepada Malang Post.
Dia menyebutkan, Datsun lebih intens lagi dalam menggelar acara yang dibarengi pula dengan penawaran spesial tersebut. Di tahun ini tercatat sudah lebih dari dua kali program tersebut. “Hampir setiap bulan ada program ini dan berlangsung selama dua hari,” sebutnya.
Bayu mengungkapkan, keefektifan program terbukti dengan banyaknya Surat Pemesanan Kendaraan dalam showroom event. Selama sehari, minimal akan mendapatkan 10 SPK dari customer yang datang langsung ke diler. Padahal, jumlah SPK tersebut biasanya didapatkan dalam waktu 3-4 hari tanpa ada even atau ketika berlangsung pameran di pusat perbelanjaan.
Dalam program khusus ini, Datsun memberikan daya tarik pada kemudahan mendapatkan mobil seperti fasilitas uang muka murah, cicilan lebih ringan hingga beragam hadiah. Selain itu, jamuan makan dan pesta makanan tertentu efektif pula menumbuhkan rasa kedekatan dengan customer. “Ketika sudah menyentuh seperti keluarga, lebih mudah untuk follow up,” imbuh Bayu.
Terpisah, Marketing Executive Toyota Auto 2000 Sukun, Agus Setyawan menuturkan, bila Toyota juga sering menggelar showroom event. Terutama untuk memeriahkan momen tertentu. Seperti akhir pekan lalu, menyambut Hari Kartini.
“Sabtu (18/4) kemarin ada even di diler. Hasilnya efektif meningkatkan SPK,” ujar dia ketika dikonfirmasi Malang Post, kemarin.
Agus mengakui, dalam sehari SPK menembus 30. Bila dihitung tanpa ada even, SPK tersebut baru diperoleh dalam lima hari kerja. “SPK pun belum tentu langsung bisa menjual mobil. Bila makin banyak SPK kan peluang meningkatkan sales,” urainya.
Dia menyebutkan, dalam satu gelaran minimal akan mendapatkan sekitar 20 SPK. Sementara, customer yang hadir 2-3 kali lipat lebih banyak dari customer yang deal akan memberi mobil. “Minimal ada 60-80 customer dalam sehari even. Makanya, sangat efektif dengan program ini,” tuturnya.
Akhir pekan lalu, tercatat Suzuki UMC Malang juga menggelar program serupa. Promo ini diyakini mendekatkan pada customer dan lebih meyakinkan mereka untuk membeli kendaraan. “Terkadang mereka masih malu datang ke diler atau bertanya di pameran. Bila diundang resmi pasti banyak yang datang. Efeknya pun bagus bagi sales,” ungkap Supervisor UMC Malang, Dian Purnama. (ley/udi)