Citilink dan Batik Air Pindahkan Rute

MALANG – Penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika ke 60 di Jakarta dan Bandung berdampak pada penerbangan di tanah air, khususnya yang melalui rute Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta) dan Bandara Husein Sastranegara (Bandung). Hal ini pun berlaku untuk penerbangan Citilink dan Batik Air dari Malang yang harus mengalihkan penerbangan selama beberapa hari.
Maskapai Citilink dari dan ke Halim Perdanakusuma mulai Rabu (22/4/15) hari ini sudah mengalihkan penerbangan ke Bandara Soekarno Hatta. “Berdasarkan izin dari Kementerian Perhubungan, PT Angkasa Pura II, TNI AU dan Airnav Indonesia, pengalihan bisa dimulai sejak malam ini (kemarin, red). Namun, kami mulai besok mengalihkan ke Cengkareng,” ujar Branch Manager Citilink Malang, Fajar Indra.
Dia menuturkan, untuk waktu keberangkatan baik dari Jakarta maupun Malang masih tetap sama dengan jadwal yang lama. Berangkat dari Jakarta pukul 07.30 (WIB), sementara untuk Malang-Jakarta pukul 09.25 WIB.
“Tidak ada perubahan jadwal. Hanya ada pengalihan bandara, terutama perlu diperhatikan bagi calon penumpang bila mereka tidak lagi mendarat di Halim Perdanakusuma hingga Sabtu (25/415) mendatang,” beber dia kepada Malang Post.
Kepastian ini membuat Citilink kembali membuka layanan pemesanan tiket untuk 23-24 April yang sempat closed selama sepekan terakhir. Sejak 15 April lalu, Citilink menutup sementara pemesanan tiket hingga ada kepastian masih bisa menerbangkan armadanya ketika KAA berlangsung. “Namun berdasarkan hasil rapat di Jakarta sudah ada izin untuk pengalihan, maka mulai hari ini layanan kembali dibuka,” papar dia panjang lebar.
Indra menuturkan, Citilink melayani tujuh rute via Halim Perdanakusuma. Tujuannya ke Kualanamu (Medan) sebanyak satu penerbangan PP, Malang dengan satu penerbangan PP dan Palembang sebanyak empat penerbangan PP. Selain itu ada pula Semarang sebanyak tiga penerbangan PP, Yogyakarta dengan empat penerbangan PP, Surabaya lima kali PP dan Solo satu kali PP.
Terpisah, Airport Service Manager Lion Group Bandara Abd Saleh, Sindu Yudhistiro menuturkan, bila penerbangan Batik Air untuk saat ini juga siap dialihkan penerbangannya. “Untuk 23-25 April dialihkan via Cengkareng,” tuturnya.
Menurut dia, calon penumpang yang telah memesan tiket juga telah mendapatkan informasi terbaru mengenai pengalihan rute demi kesuksesan KAA. “Kami sudah broadcast, agar penumpang paham dengan rute sementara ini. Bila dari Malang, mereka harus menerima mendarat di Cengkareng,” beber dia ketika dikonfirmasi Malang Post.
Dia berharap pula jika penumpang bisa menerima bila pada tanggal tersebut terjadi delay. Sebab, tambahan rute sementara di Soekarno Hatta dipastikan membuat alur penerbangan lebih padat. “Kondisinya darurat. Bila nanti ada delay, ya harap maklum, tetapi semua sektor pasti mengusahakan untuk jadwal tetap lancar,” tandasnya. (ley/han)