Investasi Rp 720 M, Bangun Pabrik di Garut

MALANG POST – Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin meresmikan pabrik sepatu Nike di Garut, Jawa Barat kemarin (27/4/15). Pabrik yang berlokasi di Leles, Garut ini menelan investasi USD 60 juta atau sekitar Rp 720 miliar.
‎Pabrik yang memproduksi produk global Nike ini didirikan oleh PT Changsin Reksa Jaya di atas lahan seluas 31 hektar dan menyerap tenaga kerja 3.200 orang. Saleh mengatakan, tahun depan, Changsin bakal menyerap tenaga kerja yang khususnya berdomisili di kawasan Garut Jawa Barat bakal menjadi 5.500 orang.
‎"Hal ini patut diberikan dukungan mengingat investasi PT Changsin Reksa Jaya sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong peningkatan ekspor non migas dan penyerapan tenaga kerja nasional," tutur Saleh. "Ini salah satu pabrik paling besar di Garut," tambahnya.
Saleh juga mengatakan, tak hanya padat karya karena menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak, investasi yang dikeluarkan oleh PT Changsing Reksa Jaya pun ‎tak sedikit. ‎"Kapasitas produksinya 15 juta pasang per tahun," katanya.
Pabrik ini sudah beroperasi mulai April 2015. Merek pakaian olahraga terkenal Nike mempercayakan kepada Changsin untuk memproduksi produknya (makloon). Di pabrik Garut ini, Changsin memproduksi tahapan cutting dan stitching, atau pembuatan upper (bagian atas) sepatu. Setelah selesai, produk-produk tersebut akan difinalisasi dengan menggambungkan dengan bagian sole di pabrik Changsin Karawang, Jawa Barat.
Seluruh produksi PT Changsin diekspor ke luar negeri. Pabrik ini memproduksi tahapan cutting dan stitching untuk membuat upper (bagian atas) sepatu. Bagian upper sepatu tersebut bakal dikirimkan ke pabrik Changsin Indonesia di Karawang, Jawa Barat yang memproduksi bagian sole (bawah) sepatu.
Menteri Perindustrian Saleh mengatakan, ‎pabrik ini bakal memproduksi sepatu Nike berbagai model yang hasilnya akan diekspor ke sejumlah negara.  "Ya ini diekspor, dan memang memiliki kualitas yang tinggi," kata Saleh.
Saleh mengatakan, Nike sendiri memiliki mitra produsen sepatu di sejumlah negara lain seperti Vietnam ataupun China. Di Indonesia pun Nike memiliki klien pabrik di Karawang, Tangerang, Garut dan sejumlah daerah lain.
Meski punya banyak pabrik yang beroperasi, Saleh menuturkan, kualitas Nike 'Made In Indonesia' tak kalah dibanding sepatu Nike yang dibuat di negara-negara lain. Bahkan Saleh menyebut, kualitas sepatu Nike di seluruh dunia sama.
"Di sini kualitasnya tinggi dan ada kepercayaan besar dari Nike. Saya kira mereka (Nike) punya kualitas sendiri. Kualitas di seluruh negara sama," tuturnya.
Sementara itu, Staf Humas dan Legal PT Changsin Reksa Jaya, Yusuf menuturkan, beroperasinya pabrik Nike memang berorientasi untuk ekspor. "Diekspor seluruhnya. Mengenai tujuannya saya belum paham," tuturnya.(dtc/han)