Harga Tinggi, Saatnya Melepas Emas

MALANG – Perlahan, harga emas perhiasan maupun dari PT Aneka Tambang (Antam) mengalami kenaikan. Hal ini pun berpengaruh pada dominasi transaksi emas, karena banyak customer yang memilih melepas emasnya karena berharga tinggi.
Pedagang Emas di Pasar Besar Malang, H. Hasan menuturkan, bila harga emas perhiasan akhir-akhir ini mengalami kenaikan. “Harganya memang masih naik turun. Tetapi, arahnya menjadi lebih mahal,” tuturnya.
Menurut dia, harga emas Selasa (28/4/15) kemarin menembus Rp 494 ribu per gram. Harga tersebut naik ketimbang sehari sebelumnya yang masih Rp 491 ribu per gram. “Harga ini berlaku untuk emas 99 persen. Harganya mengalami kenaikan,” ujarnya.
Hasan menyampaikan, harga emas khususnya medio April ini untuk kadar 99 persen selalu di atas Rp 485 ribu. Naik turunnya antara Rp 1.000 hingga Rp 5.000 per hari. Harga tertinggi, di bulan ini di angka Rp 497 ribu per gram. “Tetapi masih belum melampaui harga tertinggi tahun ini di Februari lalu, sebesar Rp 511 ribu per gram,” beber dia kepada Malang Post.
Sementara itu, harga emas kadar 90 persen dipatok Rp 450 ribu per gram. Harga emas 80 persen sebesar Rp 395 ribu per gram dan harga emas 75 persen dipatok Rp 375 ribu per gram. Sedangkan emas favorit di pasaran yakni kadar 70 persen kini harganya menembus Rp 360 ribu per gram.
“Harga emas 70 persen biasanya di kisaran Rp 340 ribu per gram. Tetapi beberapa hari ini lebih mahal,” terang dia panjang lebar.
Pemiliki Toko Emas Utama ini menuturkan, harga yang mahal ini mempengaruhi transaksi penjualan emas. Menurutnya, volume penjualan dari customer lebih tinggi. “Fungsi investasinya dimanfaatkan oleh customer. Dulu mereka membeli lebih rendah, ketika harga lebih tinggi ya dijual,” tutur Hasan.
Menurut pria ramah ini, harga emas memang tidak bisa diprediksi. Namun, untuk tren permintaan dan penjualan, lebih gampang diketahui oleh pedagang. “Bulan depan pasti banyak yang menjual emas untuk persiapan pendidikan anak. Sebenarnya sudah terlihat sejak bulan ini. Sebaliknya, bulan puasa akan banyak yang membeli perhiasan,” urai dia.
Sementara itu, emas Antam dikutip dari situs logam mulia kemarin, dibandrol seharga Rp 549 ribu per gram. Buyback logam mulia sebesar Rp 489 ribu per gram. (ley/han)