Market Share Turun, Suzuki Siapkan Celerio

MALANG –  Penjualan otomotif yang melambat di triwulan pertama 2015 ini dialami salah satu brand roda empat, Suzuki. Market share merek di Malang dan sekitarnya (DSK) hingga akhir Maret hanya 8,6 persen atau lebih rendah bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
“Otomotif awal tahun ini secara keseluruhan sepi. Sempat membaik periode Maret lalu, tetapi dari awal tahun memang sudah menurun, apalagi untuk penjualan Suzuki,” ujar Kepala Diler United Motor Centre (UMC) Malang, Yulianto, kemarin.
Menurutnya, pada periode Januari-Maret 2014, penjualan Suzuki di Malang DSK mampu mencatatkan market share 10,2 persen. Sementara, untuk tahun ini masih kalah dengan brand lain seperti Honda dan Daihatsu. “Di triwulan pertama, keseluruhan penjualan Suzuki hanya 129 unit saja. Padahal, tahun lalu rata-rata di atas 170 unit,” tambahnya kepada Malang Post, kemarin.
Pria yang akrab disapa Yuli ini menuturkan, penjualan Suzuki memang sempat terkendala di awal tahun. Terkait ketersediaan unit yang dimaksimalkan oleh merek lain. “Misalnya merek Ertiga yang sempat habis, dimanfaatkan oleh low MPV lain, seperti Honda yang performanya tengah menanjak,” bebernya.
Bahkan, diakui olehnya, periode Maret lalu, penjualan keseluruhan merek Suzuki di UMC Malang hanya mencapai 36 unit saja. Bila dibandingkan dengan average sales sepanjang 2014 lalu, penurunan lebih dair 50 persen. Pasalnya, tahun lalu UMC Malang bisa menjual hingga 80 unit per bulan. “Tetapi, ketika di tempat kami rendah kan ada diler lain. Makanya, Maret lalu market share sempat naik,” tegas Yuli.
Sementara itu, dia meyakini bila Mei ini masa sulit Suzuki segera berakhir. Alasannya, selain unit Ertiga yang mendominasi penjualan ditemani dengan Karimun Wagon R, akan kedatangan seri Celerio dan Wagon R Automatic GS. Seri Celerio, merupakan hatchback murah dengan harga di kisaran Rp 140 jutaan untuk on the road Jakarta. “Di Malang di kisaran Rp 150 juta. Pekan ini pasti sudah meluncur,” imbuhnya.
Selain itu, Suzuki masih tetap mengandalkan Suzuki Ertiga yang merupakan mobil keluarga. Segmen ini, diakui dia akan diburu menjelang lebaran dan dimanfaatkan customer untuk kendaraan ketika bersilaturahmi. Baik di dalam kota maupun luar kota.
“Masih Ertiga yang permintaannya cenderung stabil sebagai unit andalan. Ditambah Celerio dan Wagon R, pasti bulan ini market share naik lagi,” pungkas dia. (ley/udi)